sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Kamis, 25 Apr 2024 12:06 WIB

3 fakta mengenai produksi massal Robot Optimus milik Elon Musk pada 2025

Di bawah kepemimpinan Elon Musk, Tesla berencana untuk memulai produksi massal dan pengiriman pertama dari Robot Optimus pada tahun 2025.

3 fakta mengenai produksi massal Robot Optimus milik Elon Musk pada 2025

Dalam perkembangan terbaru yang disampaikan oleh CEO Tesla, Elon Musk, dikatakan bahwa robot humanoid Tesla, yang dikenal dengan nama Tesla Bot atau Optimus, siap memasuki tahap produksi massal dan pengiriman pertamanya pada tahun 2025. Pengumuman ini disampaikan dalam panggilan keuntungan kuartal pertama 2024 perusahaan.

Konsep Robot Optimus telah diperkenalkan oleh Tesla pada acara Tesla AI Day yang berlangsung pada 19 Agustus 2021. Dalam acara tersebut, pengenalan robot ini tidak hanya dilakukan melalui slide presentasi tetapi juga melalui penampilan kostum yang dirancang menyerupai robot tersebut. Berikut faktanya, seperti dikutip dari The Verge (25/4).

1. Jadwal produksi dan peluncuran

Di bawah kepemimpinan Elon Musk, Tesla berencana untuk memulai produksi massal dan pengiriman pertama dari Robot Optimus pada tahun 2025. Robot humanoid ini dirancang untuk mengambil alih tugas-tugas yang dianggap berbahaya, repetitif, dan membosankan, dengan tujuan utama untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi di tempat kerja. 

Meskipun begitu, Optimus sengaja dirancang agar kekuatannya tidak melebihi manusia, sehingga keberadaannya bisa dihindari atau bahkan dikalahkan oleh manusia jika diperlukan demi alasan keamanan.

2. Integrasi teknologi kendaraan otonom

Optimus merupakan bagian dari inisiatif Tesla dalam memajukan otomatisasi. Robot ini dilengkapi dengan pengembangan chip komputer yang telah diberi nama D1, bertujuan untuk mendukung jaringan kendaraan yang dapat mengemudi sendiri. 

Keistimewaan lain dari Optimus adalah kemampuannya untuk menerima dan merespons perintah suara, menjadikannya asisten yang kompeten dalam berbagai kegiatan, mulai dari pekerjaan mekanis hingga tugas-tugas sehari-hari seperti berbelanja.

3. Fitur fisik

Pada tahap desain awal, Optimus akan dilengkapi dengan lima jari pada setiap tangan, menekankan fokus pada kemampuan untuk memanipulasi alat dan melakukan tugas-tugas yang memerlukan ketelitian. 

Elon Musk juga memprediksi bahwa kehadiran robot seperti Optimus di pasar akan memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi dengan mengurangi kebutuhan tenaga kerja fisik, yang mungkin akan memaksa sebagian orang untuk mencari sumber pendapatan alternatif.

Dengan berbagai inovasi dan visi futuristik yang dibawa oleh Elon Musk dan Tesla, Robot Optimus diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam evolusi teknologi robotik dan kecerdasan buatan, membuka peluang baru untuk interaksi antara manusia dan mesin yang lebih harmonis dan efisien.

Share
×
tekid
back to top