sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 19 Apr 2024 10:06 WIB

Tesla tetap berkomitmen bangun koridor pengisian listrik meski tak dapat dukungan dana pemerintah

Koridor yang diusulkan ini akan menjadi jaringan pengisian pertama yang mendukung truk listrik untuk penggunaan jarak jauh maupun regional.

Tesla tetap berkomitmen bangun koridor pengisian listrik meski tak dapat dukungan dana pemerintah
Sumber: Tesla

Tesla tetap gigih dalam rencananya untuk membangun koridor pengisian listrik bagi truk besar, meskipun ditolak dari program pendanaan federal yang menggiurkan yang merupakan bagian dari Undang-Undang Infrastruktur Bipartisan Presiden Biden. Namun, informasi terbaru menunjukkan bahwa skop awal proyek tersebut mungkin masih berubah.

Dilansir dari techcrunch.com (19/4), perusahaan ini sebelumnya berupaya mendapatkan dana sekitar $100 juta dari program Hibah Diskresioner Infrastruktur Pengisian dan Pengisian (CFI) di bawah Administrasi Jalan Raya Federal (FHWA). Dengan tambahan sekitar $24 juta dari sumber dana internal, Tesla berencana membangun sembilan stasiun pengisian truk semi listrik antara Laredo, Texas, dan Fremont, California.

Koridor yang diusulkan ini akan menjadi jaringan pengisian pertama yang mendukung truk listrik untuk penggunaan jarak jauh maupun regional, serta membantu membersihkan sebagian besar sektor transportasi yang sebelumnya tercemar. Tanpa koridor ini, upaya Tesla untuk mengelektrifikasi truk berat dapat semakin terlambat dari jadwal yang telah ditetapkan.

Proyek ini, yang dinamakan TESSERACT dalam proposal yang diajukan kepada FHWA, berencana untuk mendukung operasi truk semi di Arizona, California, dan Texas. Namun, Tesla tidak termasuk dalam daftar 47 penerima dana yang diumumkan oleh pemerintahan Biden pada bulan Januari. Meskipun telah memenangkan sekitar 13% dari total penghargaan pengisian lainnya dari Undang-Undang Infrastruktur, Tesla hanya mendapatkan sekitar $17 juta dari dana tersebut.

Rohan Patel, yang baru-baru ini meninggalkan jabatannya sebagai VP di Tesla ketika perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 10% karyawannya, mengungkapkan bahwa Tesla mungkin akan mencari kesempatan pendanaan dari negara bagian atau putaran mendatang dari program CFI. Beberapa lokasi di sepanjang rute "memang layak bahkan tanpa pendanaan," katanya.

Rute sepanjang 1.800 mil ini secara teoritis akan menghubungkan dua pabrik kendaraan Tesla di Amerika Utara, serta satu pabrik yang direncanakan di Meksiko. Setiap stasiun dijadwalkan akan dilengkapi dengan delapan pengisi daya 750 kW untuk truk Tesla Semi, dan empat pengisi daya untuk truk listrik lainnya. Namun, belum jelas seberapa efektif koridor ini jika tidak semua sembilan stasiun bisa dibangun.

Setengah dari dana CFI yang diberikan oleh pemerintahan Biden difokuskan pada membangun infrastruktur pengisian kendaraan listrik di komunitas perkotaan dan pedesaan, sementara setengahnya lagi untuk mendukung proyek koridor seperti yang diusulkan oleh Tesla.

Meskipun ada tantangan dalam pendanaan dan pelaksanaan proyek, Tesla tetap bertekad untuk mempercepat adopsi truk listrik. Meski demikian, restrukturisasi terbaru yang dilakukan oleh perusahaan, dengan fokus pada pengembangan otonomi dan penundaan beberapa produk, menunjukkan bahwa Tesla masih menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan visi mobil listriknya.

Share
×
tekid
back to top