sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 14 Jun 2024 18:07 WIB

Tesla shareholders setujui paket gaji besar Elon Musk

Keputusan pemegang saham ini dianggap sebagai bentuk penghargaan atas upaya Musk mengubah Tesla menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia.

Tesla shareholders setujui paket gaji besar Elon Musk

Pemegang saham Tesla kembali menyetujui paket gaji besar Elon Musk, setelah sebelumnya dibatalkan oleh hakim pengadilan Delaware pada awal tahun ini. Selain itu, investor juga mendukung pemindahan kantor hukum perusahaan dari Delaware ke Texas serta mengangkat kembali dua anggota dewan, James Murdoch dan Kimbal Musk, saudara Elon Musk.

Dilansir dari Phone Arena (14/6), pemungutan suara ini menjadi sorotan utama mengingat Tesla tengah menghadapi berbagai tantangan signifikan. Harga saham perusahaan telah mengalami penurunan akibat penurunan penjualan, melemahnya permintaan, dan turunnya pendapatan. Perusahaan juga telah memberhentikan setidaknya 10 persen tenaga kerjanya, sementara lini kendaraan mereka menua dan membutuhkan pembaruan. Taruhan Musk pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan robotika juga masih belum menunjukkan hasil yang pasti.

Meski demikian, pemegang saham Tesla memberikan dukungan besar dengan menyetujui paket kompensasi yang menjadikan Musk salah satu CEO dengan bayaran tertinggi dalam sejarah modern. "Saya hanya ingin memulai dengan mengatakan, hebat, saya mencintai kalian," ujar Musk dengan penuh semangat setelah naik ke panggung dengan tangan terangkat.

Keputusan pemegang saham ini dianggap sebagai bentuk penghargaan atas upaya Musk mengubah Tesla menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia, meskipun beberapa keputusan kepemimpinannya dalam beberapa tahun terakhir menuai kontroversi. Tesla memiliki proporsi investor ritel yang tinggi dibandingkan dengan investor institusional besar. Meskipun beberapa firma penasihat proxy terkemuka merekomendasikan penolakan terhadap proposal ini, pemegang saham ritel Tesla tampaknya tidak setuju.

Bahkan berbagai pengungkapan negatif baru-baru ini, seperti tuduhan pelanggaran seksual terhadap Musk di SpaceX dan gugatan pelecehan seksual dari mantan karyawan, tidak cukup mempengaruhi hasil pemungutan suara. Begitu pula dengan pergeseran politiknya ke kanan dan dukungannya terhadap teori konspirasi yang kontroversial di platform X. Banyak investor memilih untuk tidak mengambil risiko nilai saham mereka jatuh jika paket gaji ditolak.

Namun, Musk tidak bisa serta merta menerima uang tersebut. Putusan pengadilan Delaware yang membatalkan paket gaji Musk, dengan alasan bahwa Musk memiliki pengaruh yang tidak semestinya dalam penyusunannya, masih berlaku. Pemungutan suara hari ini merupakan bagian dari strategi Tesla untuk memperbaiki kekurangan dalam proses yang dimulai pada 2018.

"Paket gaji ini tidak secara otomatis berlaku kembali meskipun disetujui oleh pemegang saham," jelas Samantha Crispin, mitra di firma hukum Baker Botts yang berbasis di Texas dan ketua departemen korporat. "Namun, hal ini pasti akan menjadi pertimbangan hakim dalam mengambil keputusan."

Tesla berharap persetujuan ini dapat membantu dalam upaya mereka membatalkan putusan Hakim Pengadilan Kanselir Delaware Kathaleen St. Jude McCormick, yang kemungkinan akan berujung pada banding ke Mahkamah Agung negara bagian. Meski hasilnya belum pasti, Tesla menyatakan dalam pernyataan proksi mereka bahwa mereka "tidak dapat memprediksi dengan pasti bagaimana suara untuk meratifikasi kompensasi Musk akan diperlakukan di bawah hukum Delaware dalam situasi yang baru ini."

Pemungutan suara ini juga diharapkan dapat menjaga fokus Musk pada Tesla dan proyek AI serta robotika yang sedang dikembangkan perusahaan. Awal tahun ini, Musk mengancam akan memisahkan proyek AI dari Tesla menjadi perusahaan terpisah jika ia tidak menerima kendali 25 persen atas saham Tesla. Ia menjual sekitar $38 miliar saham Tesla pada 2021-2022 untuk membiayai akuisisi Twitter dan kini memimpin enam perusahaan lainnya. Dengan persetujuan ini, saham Musk di Tesla bisa meningkat menjadi 20 persen dari sekitar 13 persen saat ini.

Dalam upaya memenangkan suara, Tesla menawarkan berbagai insentif kepada investor, termasuk tur eksklusif pabrik Austin yang dipandu langsung oleh Musk. Perusahaan juga memberikan peringatan bahwa kegagalan menyetujui paket gaji dapat mendorong Musk meninggalkan Tesla.

Dengan persetujuan pemegang saham ini, kemungkinan Musk meninggalkan posisinya di Tesla tampaknya semakin kecil. Namun, perjalanan panjang mengenai paket gaji Musk masih belum berakhir dan akan terus menjadi perhatian utama di dunia bisnis.

 

Share
×
tekid
back to top