Porsche janjikan pabrik mobil listrik ramah lingkungan

Mobil listrik memang sama sekali tidak mengeluarkan emisi. Tetapi proses produksi mobil tersebut mengandung material langka seperti patinum yang bisa merusak lingkungan.

Porsche janjikan pabrik mobil listrik ramah lingkungan Source: Pexels

Porsche ingin proses produksi mobil seri Taycan menjadi ekologis seperti misi mobil itu sendiri. Dilansir dari Engadget (22/1), pabrik Taycan yang sedang dibangun di Stuttgart-Zuffenhausen, menggunakan sistem penyerap nitrogen oksida. Sistem ramah lingkungan ini bakal terpasan di beberapa bagian bangunan, sehingga diklaim mengurangi polusi pabrik.

Permukaan pabrik memiliki konstruksi yang relatif sederhana. Terbuat dari aluminium yang berlapis titanium dioksida. Dalam pengujian di atas lahan seluas 126 meter persegi, sistem ini katanya mampu menyerap nitrogen oksida secara baik. Mobil listrik perdana Porsche tersebut diperkirakan bakal meluncur pada akhir tahun ini.


BACA JUGA

Honda punya mobil listrik modular

Mobil listrik Toyota siap ramaikan gelaran Olimpiade

Mobil listrik Lotus hanya perlu 9 menit untuk isi penuh baterai


Tujuan utama Porsche mengusahakan semua ini, untuk menghilangkan “jejak ekologis” dalam proses produksi mobilnya. Selain mengurangi polusi, mereka juga ingin memproduksi Taycan tanpa CO2. Hal ini membantu meningkatkan citra publik perusahaan di tengah skandal emisi. Jerman dan Uni Eropa pada umumnya menindak emisi serta polusi, dan Porsche tidak ingin dilihat sebagai penyumbang masalah-masalah tersebut.

Mobil listrik memang sama sekali tidak mengeluarkan emisi yang berpengaruh pada lingkungan. Tetapi proses produksi mobil tersebut mengandung material langka seperti patinum. Material ini sulit diperoleh. Selain itu, proses penambangan dan mengolahannya juga memerlukan energi lebih banyak serta melepas bahan kimia beracun ke udara. Berlatar belakang masalah inilah Porsche akan menghadirkan pabrik mobil listrik yang ramah lingkungan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: