sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 24 Jan 2022 15:39 WIB

NASA tunda misi wisata luar angkasa pertamanya

NASA menunda peluncuran misi pariwisata luar angkasa pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) karena ada pesawat lain akan bermanuver di sekitar ISS.

NASA tunda misi wisata luar angkasa pertamanya
Ilustrasi: Pixabay

Tiga astronot amatir yang ingin mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) harus menunggu sedikit lebih lama dari yang diperkirakan, setelah NASA menggeser target tanggal peluncuran misi dari akhir Februari ke akhir Maret.

Axiom Space yang berbasis di Texas, penyelenggara perjalanan wisata luar angkasa pertama NASA ke ISS, mengatakan tim misi sekarang menargetkan 31 Maret karena “persiapan pesawat ruang angkasa tambahan dan lalu lintas stasiun ruang angkasa,” menunjukkan pesawat ruang angkasa lain akan bermanuver di sekitar ISS menjelang akhir Februari dan awal Maret.

Misi wisata luar angkasa Ax-1 atau misi “astronot pribadi” sebagaimana NASA lebih suka menyebutnya, akan berlangsung sekitar seminggu dan diawaki oleh investor dan filantropis Kanada mark Pathy, pengusaha Amerika Larry Connor, dan mantan pilot Angkatan Udara Israel Eytan Stibbe. Mantan Astronot NASA Michael López-Alegría akan melengkapi kru, terbang sebagai komandan misi.

Dilansir dari Digitaltrends (24/1), Ax-1 akan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 untuk meluncurkan kru ke luar angkasa, dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang terpercaya mengangkut empat anggota awal ke dan dari ISS.

Pathy, Connor, dan Stibbe dilaporkan membayar masing-masing sekitar USD55 juta (Rp788,3 miliar) untuk perjalanan wisata luar angkasa, di mana mereka akan mengerjakan proyek penelitian dan filantropi yang kemungkinan akan mencakup berbagai kegiatan terkait kesehatan.

Misi tersebut merupakan bagian dari rencana NASA dan mitranya dari Rusia, Roscosmos, untuk mengkomersialkan ISS dalam upaya untuk mengumpulkan dana sementara pada saat yang sama meningkatkan akses ke ruang angkasa bagi warga negara.

Sementara Ax-1 akan menjadi pengalaman pertama NASA dalam mengawasi misi wisata luar angkasa, Roscosmos telah menjalankan misi semacam itu selama bertahun-tahun. Misi pariwisata terbarunya adalah pada bulan Desember ketika menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz untuk membawa dua turis luar angkasa Jepang ke ISS, dengan pasangan itu kembali setelah 12 hari di luar angkasa.

Dennis Tito dari Amerika menjadi warga negara pertama yang mencapai ruang angkasa pada tahun 2001 setelah membayar USD20 juta (Rp286,7 miliar) yang dilaporkan untuk perjalanan ke ISS dengan pesawat ruang angkasa Soyuz.

Share
×
tekid
back to top