sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
Rabu, 18 Nov 2020 15:04 WIB

Jepang gunakan robot untuk jalankan protokol Covid-19

Robovie menggunakan kamera canggih yang dikombinasikan dengan teknologi sinar laser 3D dan kecerdasan buatan (AI) untuk memandu pengoperasiannya.

Jepang gunakan robot untuk jalankan protokol Covid-19
Source: Gizmochina

Jepang telah membuat robot untuk menegakkan protokol Covid-19. Robot tersebut bergabung bersama karyawan toko dengan mandat demi memastikan bahwa pelanggan mengenakan masker dan mempraktikkan jarak fisik (physical distancing) agar dapat mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Dilansir dari Gizmochina (18/11), robot yang diberi nama Robovie tersebut dikembangkan oleh perusahaan robotik Advanced Telecommunications Research Institute Internasional (ATR) dan menawarkan penduan serta arahan kepada pengunjung toko resmi klub sepak bola yang berbasis di Osaka, Cerezo Osaka.

Robovie menggunakan kamera canggih yang dikombinasikan dengan teknologi sinar laser 3D dan kecerdasan buatan (AI) untuk memandu pengoperasiannya. Robot akan memperingatkan pelanggan ketika mendeteksi bahwa mereka tidak memakai masker atau mengamati jarak fisik,

Penerapan Robovie memberikan tanggapan inovatif terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona dan indikasi bagaimana perusahaan teknologi itu memberikan solusi untuk masalah manusia. Robot ini diuji di toko hingga sebulan.

Hingga saat ini, Jepang dilaporkan memiliki lebih dari 120.000 kasus Covid-19 dan sekitar 2.000 kematian. Karena dekat dengan Tiongkok tempat virus tersebut menyebar, Jepang mampu menangani pandemi lebih baik daripada banyak negara. Kepatuhan terhadap protokol pencegahan seperti penggunaan masker secara teratur di tempat umum, jarak fisik, dan praktik higienis.

Namun, pihak berwenang tidak membiarkan penjagaan mereka turun dan menyerukan kewaspadaan di tengah kemungkinan gelombang kedua infeksi setelah kebangkitan dalam kasus tersebut karena cuaca menjadi lebih dingin dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tertutup.

Peran robot memainkan peran signifikan dalam merespons wabah penyakit di masa depan sangat menjanjikan. Robot telah memainkan peran penting termasuk di pusat isolasi dan rumah sakit, memberikan solusi aman untuk situasi yang sangat berisiko dan berbahaya bagi manusia.

Penggunaan robot di Jepang juga sudah diimplementasikan untuk pemandu sorak seperti yang terlihat pada bulan Juni lalu. Di mana pertandingan bisbol profesional yang bertempat di Fukuoka Softbank Hawk menjadi tuan rumah Rakuten Eagles. Tim tuan tumah yang dimiliki oleh Softbank mengerahkan lebih dari 20 robot untuk menari dengan gaya kereografi lagu pertarungan tim di podium.

Share
×
tekid
back to top