Boeing Starliner lulus tes, siap terbang ke ISS

Boeing Starliner akhirnya menyelesaikan rangkaian tes untuk membawa astronot ke luar angkasa. Selanjutnya, kapsul ini akan diterbangkan ke ISS.

Boeing Starliner lulus tes, siap terbang ke ISS Source: Boeing

Boeing-CST-100 Starliner akhirnya berhasil menyelesaikan rangkaian tes untuk terbang ke luar angkasa. Dalam tes kelima dan terakhir, Boeing Starliner berhasil melewati uji parasut saat mendarat. Kapsul tersebut dilepaskan dari ketinggian 12.200 meter dan mendarat dengan aman pada sebuah gurun pasir dekat fasilitas Rudal Angkatan Darat Amerika Serikat, White Sands. 

Dilansir dari NewAtlas (26/6), dengan berakhirnya rangkaian tes ini, selanjutnya Boeing Starliner akan melakukan penerbangan tanpa awak menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Di sana, kapsul itu akan menetap selama satu minggu sebelum akhirnya kembali ke Bumi. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Astronom temukan planet yang memiliki air

NASA dan ESA akan belokan arah asteroid yang menuju Bumi

Astronom deteksi sinyal radio dari luar angkasa


Menurut Boeing, uji parasut itu memakan waktu sekitar empat menit. Dalam uji coba itu, tiga parasut ternyata gagal dibentangkan. Kendati begitu, Boeing Starliner mampu mendarat dengan aman. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi kemampuan Boeing Starliner untuk mendarat dalam situasi buruk. 

Jika penerbangan tanpa awak ke ISS berhasil dengan baik, Boeing dijadwalkan untuk membawa tiga astronot, yakni Chris Ferguson (astronot Boeing), dan dua astronot NASA, Mike Fincke dan Nicole Mann. 

Tidak seperti kapsul luar angkasa lain, Boeing Starliner memang dirancang untuk mendarat di tanah, bukan di perairan. 

“Keselamatan astronot kami merupakan fokus utama dan kesuksesan pendaratan dalam situasi sulit ini menegaskan komitmen setiap orang dalam tim ini.” ujar Wakil Presiden Boeing Starliner, John Mulholland. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: