sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 20 Jan 2024 12:50 WIB

Jepang jadi negara ke-5 yang sukses luncurkan roket ke bulan

Badan Antariksa Jepang sukses menjadi negara kelima di dunia yang mampu mendaratkan roket buatannya menuju bulan.

Jepang jadi negara ke-5 yang sukses luncurkan roket ke bulan
Sumber: JAXA

Badan Antariksa Jepang (JAXA) berhasil mencatatkan sejarah dalam dunia antariksa setelah mampu meluncurkan roket dengan mulus menuju bulan. Dengan begitu, Jepang merupakan negara kelima yang mampu melakukannya setelah Uni Soviet, Amerika Serikat, China, dan India.

Dilansir dari AP News (20/1), Jepang telah mendaratkan roket buatannya ke bulan pada pagi dini hari waktu setempat. Kendati roket tersebut meluncur tanpa awak, namun ini sudah merupakan pencapaian yang luar biasa bagi negara 'Samurai' tersebut.

Rencananya roket ini bakal kembali lagi ke bumi, namun menurut laporan terbaru Hitoshi Kuninaka sebagai Kepala Unit Badan Antariksa Jepang mengatakan bahwa daya pada roket ini sangatlah terbatas. Terlebih panel surya yang terdapat pada roket ternyata tidak bekerja maksimal, sehingga sisa daya tidak dapat ditambah lagi.

Dengan kata lain, roket ini kemungkinan tidak akan mampu kembali lagi ke bumi mengingat ketersediaan energi yang minim. Akan tetapi, Hitoshi Kuninaka menyebut akan berupaya memaksimalkan pengumpulan data yang dilakukan melalui roket ini yang akan sangat berguna untuk para peneliti di bumi.

Adapun pencapaian ini disebut baru langkah kecil Jepang dalam mengembangkan ilmu antariksa yang selama ini telah didominasi oleh kekuatan negara besar seperti Amerika Serikat atau NASA dan China. Jepang kini menunjukkan komitmennya juga turut dalam persaingan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sehingga ke depan pihaknya akan semakin banyak meluncurkan inovasi terutama di bidang ini.

 

Share
×
tekid
back to top