sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Minggu, 07 Jul 2024 07:31 WIB

SpaceX Polaris Dawn: Misi perjalanan ruang angkasa komersial menuju ketinggian tertinggi

Misi perjalanan ruang angkasa komersial pertama tampaknya akan kembali sesuai jadwal dengan Polaris Dawn mengatakan bahwa misi tersebut akan diluncurkan paling lambat tanggal 31 Juli 2024.

SpaceX Polaris Dawn: Misi perjalanan ruang angkasa komersial menuju ketinggian tertinggi

Misi perjalanan ruang angkasa komersial pertama tampaknya akan kembali sesuai jadwal dengan Polaris Dawn mengatakan bahwa misi tersebut akan diluncurkan paling lambat tanggal 31 Juli 2024. Pesawat ruang angkasa Dragon dijadwalkan untuk membawa empat orang awak lebih jauh dari Bumi dibandingkan misi mana pun dalam lebih dari 50 tahun.

Dilansir dari New Atlas (7/7), penerbangan luar angkasa komersial memiliki arti lebih dari sekadar perusahaan swasta yang memenuhi kontrak luar angkasa pemerintah. Meskipun sebagian besar misi swasta saat ini membawa kargo dan awak ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), di masa depan kita akan melihat semakin banyak kunjungan komersil ke orbit yang tidak ada hubungannya dengan pemerintah nasional.

Pada tanggal 15 September 2021, misi swasta pertama dalam sejarah, sebuah roket yang dimiliki dan dioperasikan secara pribadi yang menempatkan pesawat ruang angkasa yang dimiliki dan dioperasikan secara mandiri ke orbit dengan astronot swasta di dalamnya dengan kapal sewaan pribadi, lepas landas dari Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida. Pesawat itu adalah SpaceX Crew Dragon dan kendaraan peluncurannya adalah roket Falcon 9 yang mendorong misi Inspiration4 ke ketinggian 575 km.

Pada penerbangan tersebut, para penumpang tetap berada di dalam kapsul, namun untuk misi lanjutan Polaris Dawn, yang juga disewa dari SpaceX oleh Jared Isaacman, pendiri dan CEO Shift4, tujuannya lebih ambisius.

Salah satu alasannya, ia akan berusaha mencapai ketinggian orbit awal 1.400 km, yang lebih tinggi dari penerbangan luar angkasa berawak mana pun sejak misi Bulan Apollo 17 tahun 1972 dan juga melampaui misi orbit Bumi berawak tertinggi yang ditetapkan oleh Gemini 11 pada tahun 1966.

Salah satu bahayanya adalah elevasinya cukup tinggi untuk menembus pita bagian dalam Sabuk Van Allen radioaktif yang mengelilingi Bumi. Hal ini tidak baik bagi kru yang terdiri dari Komandan Misi Jared Isaacman, Pilot Misi Scott Poteet, Spesialis Misi Sarah Gillis, dan Spesialis Misi dan Petugas Medis Anna Menon, tetapi orbit awal mereka akan sangat elips dengan ketinggian lebih rendah 190 km, sehingga eksposurnya minimal.

Tujuan dari permainan radiologi ini adalah untuk melakukan 38 eksperimen sains untuk mempelajari dampak penerbangan luar angkasa dan radiasi luar angkasa terhadap kesehatan manusia. Ketika ini selesai, ketinggian sisa lima hari di orbit akan dikurangi menjadi 700 km.

Saat itulah wahana antariksa swasta pertama akan dicoba. Dragon telah dimodifikasi secara khusus untuk mengurangi tekanan dan memungkinkan pintu depan dibuka. Setidaknya dua dari pakaian antariksa tersebut merupakan versi aktivitas ekstravehicular (EVA) yang ditingkatkan dari pakaian intravehicular (IVA) SpaceX standar. Ini telah diubah untuk memungkinkan lebih banyak mobilitas dan menawarkan tekstil dan bahan manajemen termal baru yang dipinjam dari antar panggung Falcon dan bagasi Dragon. Selain itu, ada kamera helm dan head-up display (HUD) baru.

Share
×
tekid
back to top