sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 23 Jan 2024 19:17 WIB

Sierra Space selangkah lagi bisa buat hunian antariksa

Sierra Space tidak lama lagi akan bisa membuat hunian antariksa, itu setelah pengujian stasiun luar angkasa LIFE Habitat yang bakal dikomersilkan berhasil dilakukan secara sukses sesuai ekspektasi.

Sierra Space selangkah lagi bisa buat hunian antariksa
Sumber: Sierra Space

Sierra Space baru saja sukses melakukan pengujian ketahanan terhadap stasiun luar angkasa buatannya yakni 'LIFE Habitat' pada Senin (22/1) waktu setempat. Dengan begitu, maka perusahaan tersebut selangkah lagi bisa mewujudkan mimpinya membangun hunian manusia di antariksa.

Dilansir dari Tech Crunch (23/1),  Sierra Space telah melakukan pengujian ultimate burst pressure pada hasil inovasi tersebut di NASA Marshall Space Flight Center. Hasilnya cukup memuaskan, sebab itu baru hancur pada saat mendapat tekanan hingga 77 psi, yang mana ini membuktikan bahwa produk buatannya telah melampaui 27% rekomendasi NASA yang mematok standar 60,9 psi.

Large Integrated Flexible Environment (LIFE) Habitat yang telah diujikan ini merupakan model bagian utuh dari stasiun luar angkasa buatan Sierra Space. Penampakannya diperkirakan setinggi 20 kaki atau 6 meter dan luasnya sepertiga dari International Space Station. 

Pengujian ini memang bertujuan untuk menguji kekuatan LIFE Habitat untuk menahan tekanan di luar angkasa. Dengan bahan dasar polimer berkualitas tinggi, Sierra Space mengeklaim bahwa ini lebih kuat daripada baja ketika melintasi orbit. 

Sierra Space juga telah bekerja sama dengan ILC Dover untuk melakukan pengujian skala besar ini hingga akhirnya bisa sukses. Setidaknya ada total 9 lapisan pada LIFE Habitat ini yang memiliki fungsi berbeda-beda, salah satunya yaitu melindungi dari panas surya.

Adapun pengujian ini sejatinya merupakan rangkaian dari rencana Sierra Space untuk membuat hunian layak bagi manusia di antariksa. Bersama dengan proyek lainnya seperti Orbital Reef dan Dream Chaser, perusahaan tersebut memiliki ambisi untuk mewujudkan impiannya dalam waktu dekat.

 

Share
×
tekid
back to top