YouTuber bongkar masalah yang selama ini ada di gim PUBG

Gim PUBG selama ini ternyata menyimpan sebuah masalah di dalamnya. Beberapa orang tidak menyadarinya hingga seorang YouTuber membongkar masalah tersebut.

YouTuber bongkar masalah yang selama ini ada di gim PUBG Source: Google

PUBG ternyata mengalami sebuah masalah pada gameplay yang dapat mempengaruhi recoil senjata. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang YouTuber yang juga pemain PUBG, WackyJacky101. Ia pun mengunggah sebuah video untuk menunjukkan masalah yang ia temukan.

Dilansir dari FoxSports (23/1), semakin rendah frame rate yang digunakan, maka semakin rendah pula recoil sebuah senjata. Untuk membuktikannya, YouTuber tersebut melakukan sebuah pengujian menggunakan frame rate 30 fps.


BACA JUGA

Crytek : SSD jadi upgrade terpenting bagi konsol

Epic Store tambah dukungan penyimpanan awan

Niantic perbarui kebijakan gim Pokemon Go dan Harry Potter


Untuk diketahui, dalam gim PUBG berlaku recoil untuk setiap senjata. Recoil merupakan hentakan yang muncul akibat ledakan mesiu di dalam senjata. Nah,dalam sebuah gim bergenre shooter, terutama dalam first person shooter, recoil merupakan elemen penting agar pemain dapat memahami karakteristik dan cara penggunaan senjata dalam gim.

Pada frame rate rendah, recoil sebuah senjata berkurang secara signifikan, menjadikannya lebih akurat ketimbang ketika menggunakannya di frame rate tinggi. Meski begitu, ternyata fire rate senjata tersebut juga berkurang secara signifikan sehingga mempengaruhi damage yang akan dihasilkan.

WackyJacky membuktikan bahwa masalah ini hanya terjadi pada senjata dengan fire rate yang tinggi. Di PUBG ada beberapa senjata dengan karakteristik tersebut, salah satunya M416. YouTuber tersebut meyakini penyebab masalah ini ada hubungannya dengan cara PUBG mengkalkulasi recoil. Menurutnya PUBG menetapkan recoil berdasarkan setiap tembakan yang dilakukan, bukannya pada sebuah pola khusus pada setiap senjata.

Persoalan tersebut bisa saja diperbaiki, namun akan memakan waktu dan berisiko merusak gim tersebut. Menurut FoxSports, perhitungan recoil itu merupakan salah satu fondasi yang membentuk gim PUBG. Upaya memperbaikinya tentu akan memakan banyak waktu dan usaha. Belum lagi ada sejumlah risiko bahwa perubahan ini akan berpengaruh pada cara gim ini dimainkan nantinya.

Sejauh ini hal tersebut hanya terjadi di PUBG versi PC saja. Tek.id mencoba menjajalnya pada perangkat mobile. Untungnya, masalah frame rate dengan recoil tersebut tidak muncul pada gim PUBG Mobile. Sejauh pengujian yang dilakukan, recoil dan fire rate tetap terjaga baik di frame rate rendah maupun tinggi.

(video)
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: