Untuk beli tiket bioskop, warga Jakarta perlu kerja 1,6 jam

Rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 3,4 jam untuk dapat membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah.

Tahukah kamu, harga tiket bioskop cenderung berbeda di setiap kota di Indonesia. Harganya berkisar di antara Rp35.000-Rp75.000 untuk film yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah. Perbedaan harga tiket bioskop ini membuat situs berhemat CupoNation melakukan studi dengan membandingkan harga tiket bioskop dan upah minimum di masing-masing provinsi di Indonesia.

Rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 2,4 jam untuk membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di hari biasa, Senin-Kamis. Kemudian, rerataan ini naik menjadi 2,8 jam untuk film bioskop yang tayang di hari Jumat, dan 3,4 jam di akhir pekan dan tanggal merah.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Jessica Henwick bakal main film Matrix 4

Begini bocoran tampilan Sonic terbaru

Netflix laporkan kenaikan jumlah pelanggan di kuartal ketiga


Jakarta ternyata bukan kota yang menjual harga tiket bioskop termurah. Kendati begitu, ketika diukur dari Upah Minimum Provinsi (UMP) di setiap kota di Indonesia, maka tiket bioskop di Jakarta adalah yang paling terjangkau. Warga Jakarta sudah mampu membeli satu tiket bioskop yang tayang di akhir pekan atau tanggal merah dengan bekerja hanya selama 1,6 jam saja.

Kota kedua dengan waktu kerja tersingkat untuk menonton bioskop di akhir pekan dan tanggal merah adalah Palembang dan Balikpapan. Di kedua kota ini warganya hanya perlu bekerja selama 2 jam. Berikut adalah deretan kota di Indonesia dengan waktu kerja tersingkat untuk membeli tiket bioskop:

Warga jakarta hanya butuh 1,6 jam kerja untuk beli satu tiket bioskop di kala weekend

Semarang menjadi kota yang membutuhkan waktu kerja terpanjang untuk membeli tiket nonton bioskop akhir pekan dan tanggal merah. Di kota lumpia ini warganya perlu bekerja selama 5,5 jam untuk dapat membeli sebuah tiket bioskop weekend. Kota selanjutnya adalah Tasik Malaya dengan waktu kerja yang dibutuhkan 5,3 jam. Kemudian ada Banjarmasin yang membutuhkan 4,5 jam waktu kerja. Berikut adalah deretan kota di Indonesia dengan waktu kerja terpanjang untuk membeli tiket bioskop:

Wraga Semarang perlu waktu bekreja 5,5 jam untuk membeli tiket bioskop saat weekend

Riset ini sendiri dikembangkan dengan menganalisa harga tiket bioskop untuk film terbaru (2D) yang tayang serentak di 191 studio (46 kota) di Indonesia. Data tiket dikumpulkan melalui website resmi Cinema 21 pada 11 July 2019. Kota dengan harga tiket bioskop termurah dan termahal di rangking berdasarkan HTM paling murah untuk setiap kota dan kemudian membandingkannya dengan upah minimum di masing-masing kota.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: