sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 23 Jul 2021 15:54 WIB

YouTube Shorts resmi hadir di Indonesia

YouTube akhirnya meluncurkan secara resmi fitur video berdurasi pendek, Short di Indonesia. YouTube Shorts hadir sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitas para pembuat konten.

YouTube Shorts resmi hadir di Indonesia

YouTube secara resmi memperkenalkan fitur terbaru di Indonesia, yakni Youtube Short versi beta. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi pendek langsung dari smartphone untuk diunggah ke YouTube. Perlu diketahui, jika format konten video dengan durasi pendek sebenanrya telah disajikan perusahaan sejak lama, namun terus dikembangkan hingga saat ini dan menjadi YouTube Short. YouTube Short sendiri sudah diperkenalkan perusahaan sejak 2020 di India, kemudian terus diluncurkan ke berbagai negara, termasuk saat ini di Indonesia.

Veronica Utami, Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara, mengatakan jika fitur ini diluncurkan untuk menyediakan wadah bagi content creator untuk dapat lebih berkreasi lagi melalui saluran YouTube. Ia juga mengatakan jika YouTube Short akan memungkinkan para pengguna untuk membuat konten secara mudah, langsung melalui smartphone.

“Jadi dengan fitur ini, akan mempermudah semua kreator untuk bisa langsung berkreasi dari handphone-nya dan membagikannya secara mudah, mengedit secara mudah, dan bisa di-upload di YouTube,” katanya.

Selain konten yang beragam, YouTube Short versi beta ini juga dikatakan akan terus dikembangkan oleh perusahaan. Veronica mengatakan perusahaannya memiliki dua fokus terkait pengembangan YouTube Shorts, pertama YouTube berkomitmen untuk mengembangkan berbagai fitur yang paling dibutuhkan oleh pengguna. Kemudian, YouTube juga memiliki fokus pada pengembangan YouTube Short agar dapat menghadirkan layanan yang mudah digunakan, seperti mempermudah pencarian video yang disukai, pembagian video, dan sebagainya.

Untuk dapat mengakses fitur ini, perusahaan telah menyajikan baris khusus yang berada di halaman beranda YouTube. Baris khusus untuk YouTube Short, yang memungkinkan pengguna untuk menonton kumpulan video berdurasi pendek. Selain itu, perusahaan juga akan menambahkan tab Shorts di aplikasi ponsel agar pengguna dapat menonton video Shorts dengan sekali ketuk.

Cara membuat video di Youtube Shorts

Untuk membuat video melalui YouTube Shorts, caranya cukup mudah pengguna hanya perlu mengetuk tombol Add yang berada di sisi tengah bagian bawah dari halaman beranda aplikasi YouTube. Selain itu, pengguna juga dapat membuat video berdurasi pendek dengan mengambil cuplikan dari salah satu video tertentu yang berada di YouTube, kemudian diedit dan diunggah. YouTube Shorts ini memiliki durasi video paling lama 60 detik.

Perusahaan mengatakan jika skema pengambilan cuplikan video seperti itu disajikan agar interaksi antara pembuat konten dan penikmat bisa semakin dekat. Skema tersebut juga bisa menjadi wadah untuk memberi apresiasi pada kreator. Tapi, apabila kreator tidak ingin kontenya di ambil, mereka bisa mematikan fitur pengambilan cuplikan ini.

Sementara itu, YouTube tampaknya paham apa yang diinginkan pasar. Per awal bulan ini, YouTube Shorts telah ditonton 6,5 miliar kali setiap harinya di seluruh dunia. Tentu YouTube Shorts dapat menyaingi platform lain yang juga menyediakan fitur konten video berdurasi pendek, seperti Instagram Reels.

Tag
Share
×
tekid
back to top