sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Senin, 22 Apr 2024 18:37 WIB

WhatsApp segera luncurkan fitur berbagi file dengan pengguna terdekat

Fitur ini dikembangkan sebagai alternatif untuk fungsi serupa seperti AirDrop di iOS dan Quick Share di Android.

WhatsApp segera luncurkan fitur berbagi file dengan pengguna terdekat

WhatsApp terus berinovasi dengan mendekatkan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file langsung dengan pengguna lain yang berada di dekatnya. Fitur ini, yang masih dalam fase pengujian beta, diharapkan dapat memudahkan pertukaran data antar pengguna tanpa memerlukan koneksi internet.

Dikutip dari Phone Arena (22/4), fitur ini dikembangkan sebagai alternatif untuk fungsi serupa seperti AirDrop di iOS dan Quick Share di Android, fitur ini ditemukan pertama kali oleh WaBetaInfo pada versi beta 2.24.9.22 WhatsApp yang tersedia di Google Play Store. Fitur ini menggunakan teknologi Bluetooth dan/atau Wi-Fi untuk mengidentifikasi pengguna WhatsApp lain yang berada dalam jangkauan dekat dan memfasilitasi pertukaran file secara langsung.

Selain menyederhanakan proses berbagi file, WhatsApp juga menjamin keamanan dengan memastikan bahwa semua transfer file dilindungi dengan enkripsi end-to-end. Lebih lanjut, fitur ini dirancang untuk menjaga kerahasiaan pengguna dengan tidak menampilkan nomor telepon selama proses berbagi file.

Menurut laporan, untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna harus memberikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses file yang ingin dibagikan dan mengaktifkan layanan lokasi untuk mendeteksi perangkat terdekat. WhatsApp mengadopsi pendekatan "opt-in", memberi pengguna kendali penuh atas privasi mereka.

"Fitur berbagi file ini diharapkan menjadi solusi praktis, khususnya dalam kondisi jaringan yang lemah atau saat berbagi file besar antara perangkat dengan sistem operasi yang berbeda," jelas sumber dari dalam tim pengembangan WhatsApp. Ini membuka kemungkinan baru dalam berkomunikasi data antar pengguna yang terletak fisik dekat satu sama lain tanpa bergantung pada koneksi internet atau menggunakan alat pihak ketiga.

WhatsApp belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran fitur ini, tetapi pengguna diharapkan bisa mengaksesnya dalam beberapa pembaruan aplikasi mendatang. Fitur ini diharapkan tidak hanya memudahkan transfer data antarpersonal, tetapi juga meningkatkan aspek privasi dan keamanan dalam berkomunikasi.

Share
×
tekid
back to top