sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Selasa, 18 Jun 2024 10:07 WIB

WhatsApp luncurkan fitur pengaturan kualitas HD sebagai default untuk media

Dengan adanya pengaturan default baru ini, pengguna tidak lagi perlu menggunakan trik seperti melampirkan media sebagai dokumen untuk menghindari kompresi.

WhatsApp luncurkan fitur pengaturan kualitas HD sebagai default untuk media

WhatsApp tengah uji coba pembaruan besar yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan kualitas HD sebagai pengaturan default saat berbagi media. Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbagi foto dan video beresolusi tinggi.

Dilansir dari Phone Arena (18/6), inovasi terbaru ini melanjutkan upaya WhatsApp dalam meningkatkan kualitas berbagi media. Sebelumnya, pada Agustus lalu, WhatsApp telah memperkenalkan opsi berbagi gambar HD dan video HD. Meskipun tidak sepenuhnya tanpa kompresi, kualitas HD ini menawarkan resolusi yang lebih baik dibandingkan dengan standar kompresi WhatsApp yang kerap menurunkan kualitas media.

Dengan adanya pengaturan default baru ini, pengguna tidak lagi perlu menggunakan trik seperti melampirkan media sebagai dokumen untuk menghindari kompresi. Langkah ini diharapkan memudahkan proses berbagi media berkualitas tinggi, menjadikannya lebih praktis dan efisien.

Berdasarkan laporan dari Android Police dan pengguna beta, fitur ini telah muncul dalam versi beta 2.24.13.10 dari aplikasi WhatsApp. Indikasi ini menunjukkan bahwa fitur tersebut sedang dalam tahap akhir pengujian dan segera dirilis secara global. Pengguna dapat memeriksa ketersediaan opsi ini melalui menu Pengaturan, kemudian memilih Penyimpanan dan data > Kualitas unggah media.

Namun, WhatsApp juga memberikan peringatan bahwa file berkualitas HD memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan file standar, yang dapat mempengaruhi konsumsi bandwidth dan ruang penyimpanan. Meskipun demikian, bagi pengguna yang mengutamakan kualitas gambar dan video, konsekuensi ini dinilai sepadan.

Langkah WhatsApp untuk menetapkan kualitas HD sebagai pengaturan default ini sejalan dengan komitmennya dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan mempertahankan daya saing. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan WhatsApp akan terus mengembangkan fitur-fitur media berkualitas tinggi lainnya, meskipun belum ada pernyataan resmi terkait rencana tersebut.

Dengan pembaruan ini, WhatsApp menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan penggunanya di era digital yang semakin mengedepankan kualitas dan efisiensi dalam komunikasi.

Share
×
tekid
back to top