Wahana NASA kirim sinyal dari Kuiper Belt

Keberhasilan ini membawa kabar gembira bagi tim New Horizons, juga menandai perjalanan terbang terjauh yang pernah ada di dalam sejarah manusia.

Wahana NASA kirim sinyal dari Kuiper Belt Source: Joel Kowsky/NASA

NASA baru saja mendapatkan kiriman data yang dikirimkan oleh wahana New Horizons. Diketahui New Horizons adalah wahana tanpa awak milik NASA yang diprogram untuk menjelajah hingga ke Planet Pluto. Dilansir dari Engadget (1/2), New Horizons berhasil melakukan penerbangan ke Kuiper Belt setelah menerima data telemetri pada Selasa pukul 10:31 waktu setempat. Informasi yang diterima tim juga menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa tersebut dalam kondisi baik.

New Horizons secara teknis terbang melewati Ultima Thule sekitar puklul 12:33, tetapi kombinasi pengumpulan data dan waktu perjalanan sinyal selama enam jam membuat tim New Horizon menunggu lama untuk menerima data yang diperlukan.


BACA JUGA

Wahana NASA Mars 2020 akan dilengkapi kemampuan robotik baru

Ini bukan stiker, tapi sensor tubuh

Ilmuwan coba implan otak dengan teknologi LED


Selain menghadirkan rasa lega bagi tim New Horizons, kabar ini juga menandai perjalanan terbang terjauh yang pernah ada di dalam sejarah manusia. Pada jarak 6,4 miliar km dari Matahari, Ultima Thule membuat Pluto tampak seperti dekat. Hal ini juga menjanjikan potensi wawasan ilmiah, termasuk petunjuk untuk pembentukan planet kerdil. Beberapa dari penemuan itu mungkin memakan waktu lama, tetapi pasti akan sangat bermanfaat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: