sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 22 Apr 2024 19:10 WIB

5 rekomendasi film tentang perubahan iklim yang wajib ditonton di Hari Bumi Sedunia 2024

Isu-isu yang beragam mengenai dampak manusia terhadap bumi serta upaya-upaya untuk melindungi alam tercermin dalam berbagai kisah melalui ke 5 rekomendasi film dibawah ini.

5 rekomendasi film tentang perubahan iklim yang wajib ditonton di Hari Bumi Sedunia 2024

Memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April 2024, kita dihadapkan pada kesadaran yang mendalam akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan alam kita. Salah satu cara untuk memperkuat kesadaran ini adalah dengan menonton film bertemakan perubahan iklim.

Isu-isu yang beragam mengenai dampak manusia terhadap bumi serta upaya-upaya untuk melindungi alam tercermin dalam berbagai kisah melalui ke 5 rekomendasi film dibawah ini, seperti dikutip dari directv.com (22/4).

1. An Inconvenient Truth (2006) 

An Inconvenient Truth adalah film dokumenter yang menceritakan tentang persoalan-persoalan lingkungan di berbagai belahan dunia. Film ini berisi seputar perubahan iklim yang menyebabkan banyak terjadinya bencana dan kerusakan lingkungan. Selain itu, dibahas pula perubahan iklim ditinjau dari pengertian, dampak yang ditimbulkan, efek yang terjadi di berbagai negara dan saran tentang penanganannya.

2. The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow adalah sebuah film bencana fiksi ilmiah Amerika tahun 2004 yang disusun, ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Roland Emmerich, berdasarkan buku tahun 1999 The Coming Global Superstorm karya Art Bell dan Whitley Strieber. Film ini menceritakan tentang kota New York yang banjir dan mulai berubah menjadi es.

3. The Day the Earth Stood Still (2008)

Film "The Day the Earth Stood Still" merupakan adaptasi dari cerita pendek karya Harry Bates yang ditulis pada tahun 1940. Cerita ini mengisahkan sebuah misi mendesak yang diemban oleh seorang ilmuwan untuk merumuskan strategi bertahan hidup bagi umat manusia.

Dalam narasi tersebut, kehadiran UFO yang misterius menjadi pusat perhatian, bergerak dengan kecepatan menakjubkan 30.000 kilometer per detik dari orbit Jupiter menuju Bumi. Dengan waktu yang mendesak, UFO tersebut diperkirakan akan menghantam Manhattan, New York, dalam beberapa hari, mengancam kehancuran massal.

4. Before the Flood (2016) 

Before The Flood merupakan film dokumenter yang menampilkan dampak perubahan iklim dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Film yang diterjemahkan ke dalam 45 bahasa ini, menceritakan mengenai perjalanan ke berbagai sudut bumi bersama dengan Leonardo DiCaprio yang saat itu diangkat sebagai Duta Perdamaian PBB. Dalam dokumenter Perubahan iklim yang terlihat ‘sepele’ ternyata membawa dampak besar bagi kehidupan semua makhluk di bumi dan harus segera ditangani. Penggunaan lahan untuk pertambangan, pembakaran hutan, dan lainnya menjadi penyebab perubahan iklim terjadi

5. Princess Mononoke (1997)

Princess Mononoke adalah sebuah drama yang berlatar pada akhir Zaman Muromachi Jepang tetapi dengan banyak unsur fantasi. Cerita berpusat pada keterlibatan orang luar Ashitaka dalam perjuangan antara wali supranatural hutan dan manusia dari Kota Besi yang mengkonsumsi banyak sumber daya alam.

Film-film ini tidak hanya bertujuan menghibur tetapi juga mengedukasi publik tentang pentingnya tindakan nyata terhadap isu perubahan iklim. Perayaan Hari Bumi Sedunia ini menjadi momen yang tepat untuk memulai perubahan dengan meningkatkan kesadaran melalui media film.

Share
×
tekid
back to top