sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
Sabtu, 19 Jun 2021 09:37 WIB

Spotify akuisisi Podz, permudah temukan konten podcast

Spotify mengumumkan telah mengakuisisi Podz, sebuah startup yang mencoba memecahkan masalah terkait penemuan podcast.

Spotify akuisisi Podz, permudah temukan konten podcast
Source: Pixabay

Spotify mengumumkan telah mengakuisisi Podz, sebuah startup yang mencoba memecahkan masalah terkait penemuan podcast. Dilansir Techcrunch (19/6), Spotify berusaha untuk membangun dan menskalakan pengalaman terbaik untuk seseorang dapat menemukan podcast. Soptify percaya teknologi Podz akan melengkapi dan mempercepat fokus perusahaan untuk mendorong efisiensi penemuan podcast.

Spotify juga meyakini dengan mengakuisisi Podz, akan membantu perusahaan untuk dapat memberikan konten podcast yang tepat, di waktu yang tepat pada pendengar. Selain itu, juga dapat mempercepat pertumbuhan keragaman kategori podcast di seluruh dunia.

Akuisisi Podz oleh Spotify dilatarbelakangi dengan permasalahan penemuan podcast. Podcast biasanya berdurasi lebih dari 30 menit, ini membuat sulit bagi pendengar untuk menelusuri acara baru. Di samping itu, mendengarkan episode podcast, tidak semudah mendengarkan lagu dari artis baru. Jadi, Podz mengembangkan apa yang disebutnya sebagai "the first audio newsfeed", yang menyajikan klip berdurasi 60 detik dari berbagai acara untuk dipakai sebagai promosi podcast kepada pengguna.

Podcaster sering menggunakan aplikasi seperti Headliner untuk membuat klip dari konten, kemudian klip tersebut dipromosikan di akun media sosial mereka. Podz juga mengikuti ide yang sama. Namun, alih-alih podcaster secara manual memilih cara mempromosikan acara mereka, Podz klip menggunakan model pembelajaran mesinnya.

Akuisisi ini menandakan ambisi Spotify untuk menguasai pasar podcast dan hiburan audio secara umum. Dan dalam hal mendorong pendapatan dari langganan podcast, Spotify dan Apple bersaing. Pada April, Apple mengumumkan ekspansinya ke langganan podcast. Di susul minggu berikutnya, Spotify mulai meluncurkan platform podcast berlangganan.

Apple mengatakan akan mengambil potongan sebesar 30% dari pendapatan pembuat konten podcast di tahun pertama, yang akan turun menjadi 15% di tahun kedua. Di sisi lain, Spotify memiliki kebijakan untuk tidak akan mengambil potongan apa pun dari pembuat konten podcast hingga 2023. Di tahun tersebut, akan dikenakan potongan sebesar 5%.

Meskipun pembuat konten podcast dapat dengan cepat menyerahkan 5% dari pendapatan berlangganan mereka daripada 30%, tentu pendengar akan berbondong-bondong ke aplikasi apa pun yang memberikan pengalaman pengguna terbaik. Jika investasi Spotify dalam mengakuisisi Podz untuk mengatasi masalah penemuan podcast berhasil, ini bisa mengancam dominasi lama Apple di media podcasting.

Share
×
img
×
tekid
back to top