Sony sudah siapkan Developer Kit untuk PlayStation 5

Seorang analis bernama Daniel Ahmad dari Niko Partners menyebut Sony sudah mulai membagikan Developer Kit PlayStation 5 kepada para pengembang gim.

Sony sudah siapkan Developer Kit untuk PlayStation 5 PS4 (The Verge)

Microsoft dan Sony belakangan ini kabarnya sedang gencar merampungkan konsol generasi selanjutnya. Konsol keduanya saat ini, yakni Xbox One dan PlayStation 4 sudah masuk masa pensiun.

Kendati begitu Sony mengungguli Microsoft dalam pengembangan gim. Laporan Daniel Ahmad, analis dari Niko Partners, percaya bahwa Sony sudah menyebar Development Kit ke para pengembang gim.


BACA JUGA

Survei tunjukkan, pemirsa e-sports lebih banyak daripada olahraga

God of War jadi Gim of the Year di ajang Game Developers Conference

Dalam 4 bulan, Epic Games Store berhasil tembus 85 juta pengguna


"Kit PS5 dev ada di luar sana dan saya sudah mendengar hal-hal positif tentang itu. Tapi saya tidak akan mengharapkan informasi dalam waktu dekat," kata Ahmad.

Beberapa pengembang gim seperti Naughty Dog (Uncharted dan The Last of Us), Santa Monica Studio (God of War), dan Sucker Punch (pencipta inFamous dan Ghost of Tsushima yang akan datang) sudah menerima paket tersebut.

Ahmad mencatat bahwa akan ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan atau mengembangkan gim generasi berikutnya. Bahkan mungkin beberapa detail lagi akan mencuat di Game Developers Conference, yang berlangsung di San Francisco 18-22 Maret mendatang.

Para pengembang pun beberapa kali sudah memperbincangkan mengenai gim yang akan muncul sebagai cross gen. Ini berarti gim tersebut akan keluar di PS4 dan PS5, atau generasi berikutnya.

Hal ini tampaknya sangat mungkin terjadi, karena beberapa game yang muncul di akhir dukungan PlayStation 3 mendapat rilis PS4. Beberapa contohnya adalah Destiny, Assassin's Creed IV: Black Flag, Battlefield 4 dan Call of Duty: Ghosts.

Bahkan game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, dan Persona 5 juga diluncurkan di PS4, meski di PS3 sudah diluncurkan lebih dari beberapa tahun.

Sayang, hingga saat ini pihak Sony masih belum mengomentari hal ini.

Sekadar informasi, pada Oktober lalu, bos Sony Kenichiro Yoshida dilaporkan mengakui bahwa perusahaan tersebut sedang mengerjakan PlayStation berikutnya. Tapi dia tidak menyebut apakah itu adalah PS5 atau bukan.

Sebelum itu, sebuah paten menyebut PS5 memiliki kemampuan backward compatibility. Bos PlayStation John Kodera mengisyaratkan bahwa kita akan melihat konsol berikutnya pada tahun 2021.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: