Seberapa penting kamera menjadi penentu orang beli ponsel?

Tiga penelitian Google menunjukkan bahwa konsumen membutuhkan waktu hingga 14 hari untuk membeli ponsel.

Kualitas kamera kerap menjadi parameter seseorang ketika memilih ponsel. Bahkan kamera ponsel menjadi alternatif utama pengguna mengabadikan momen, ketimbang membawa kamera dengan bobot yang lebih berat. Kendati demikian, hasil penelitian yang dilakukan Google dan Canalys menunjukkan fakta lain.

Tiga penelitian Google dan satu penelitian Canalys menunjukkan bahwa konsumen membutuhkan waktu hingga 14 hari sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli ponsel. 


BACA JUGA

Group Call Google Duo sudah bisa digunakan

Google Duplex masih menggunakan manusia untuk panggilan

Google ubah tampilan hasil pencarian


Pertimbangan utama konsumen adalah kecepatan dan kinerja ponsel. Penelitian menunjukkan pembeli smartphone di Indonesia utamanya mencari perangkat dengan pertimbangan kecepatan (87%), daya tahan baterai (83%), dan kapasitas penyimpanan (81%).

“Survei kami mengungkapkan saat ini banyak orang Indonesia tidak puas dengan smartphone mereka, yang berarti ekspektasi pembeli terhadap smartphone-nya semakin meningkat. Saat ini, kecepatan adalah prioritas terpenting bagi pengguna smartphone, dan kecepatan itu bukan hanya tergantung pada OEM melainkan juga pada penyedia jasa telekomunikasi yang memastikan jaringan internet cepat. Oleh karena itu, mereka perlu berkolaborasi dan menghasilkan solusi kreatif untuk menarik lebih banyak pembeli,” kata Yudistira Adi Nugroho, Senior Tech and Telco Industry Analyst, Google Indonesia di Jakarta (8/5).

Sebagian besar konsumen memulai pencarian dengan menelusur secara online, meski akhirnya 69% pembeli memutuskan membeli di toko ritel. “Menariknya, walaupun mereka sudah melakukan riset secara online, kebanyakan orang masih melakukan pembelian secara offline, yang berarti konsumen sudah paham mengenai produk yang mereka mau beli ketika berkunjung ke toko pengecer. Oleh karena itu, pengecer perlu memastikan tenaga penjualan mereka siap dan mereka juga memiliki platform online yang kuat," ujarnya.

Namun demikian, hal berbeda dirasakan oleh Djatmiko Wardoyo, Marketing & Communications Director Erajaya Group sebagai pelaku ritel di Indonesia. Menurutnya, mayoritas konsumen menilai kamera masih menjadi hal yang penting sebelum memutuskan membeli smartphone. Bahkan menurutnya, kamera menjadi nilai jual yang disematkan pada ponsel di berbagai segmen.

"71% orang masih mikir kamera penting. Kamera juga jadi nilai jual yang disematkan di smartphone. Di flagship pun selalu mengiming-imingi kamera. Begitu juga di kelas mid atau entry. Kalau kita lihat  kamera masih sangat penting," kata pria yang akrab disapa Koko tersebut.

Tak hanya itu, Koko juga mengatakan masa pencarian smartphone selama 14 hari terlampau lama. Pasalnya berbagai vendor lebih sering menghadirkan banyak produk baru dalam pekan yang sama. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: