sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Senin, 22 Apr 2024 07:13 WIB

3 fakta mengenai fitur kontrol orang tua pada aplikasi Google Messages

Dengan fitur baru ini, beberapa percakapan dalam aplikasi Pesan Google akan ditandai dengan jelas dengan pesan "Minta persetujuan orang tua Anda".

3 fakta mengenai fitur kontrol orang tua pada aplikasi Google Messages
Sumber: Google

Google dikabarkan sedang menguji fitur baru pada aplikasi Pesan Google yang dapat memberikan kontrol yang lebih besar kepada orang tua terhadap percakapan anak-anak mereka. Dikutip dari Phone Arena (22/4), fitur ini pertama kali ditemukan oleh AssembleDebug (melalui PiunikaWeb), yang berhasil mengaktifkannya pada versi 20240416_00_RC01 dari aplikasi.

1. Persetujuan orang tua untuk percakapan

Dengan fitur baru ini, beberapa percakapan dalam aplikasi Pesan Google akan ditandai dengan jelas dengan pesan "Minta persetujuan orang tua Anda." Artinya, anak-anak tidak dapat mengirim pesan kepada kontak-kontak tertentu tanpa persetujuan dari orang tua mereka. Bahkan, jika mencoba membuka percakapan terbatas ini, akan muncul pesan yang menyarankan untuk meminta persetujuan orang tua terlebih dahulu.

2. Bagian dari Google Family Link

Kemungkinan besar, fitur ini akan menjadi bagian dari aplikasi Google Family Link, yang biasanya digunakan orang tua untuk mengelola izin anak-anak dalam menggunakan perangkat. Saat ini, Family Link memungkinkan pembatasan konten untuk beberapa aplikasi seperti Google Play dan YouTube, namun belum ada opsi yang tersedia untuk Pesan Google. Dengan perkenalan fitur baru ini, orang tua akan memiliki kemampuan untuk memberikan persetujuan, menetapkan batasan, atau bahkan memblokir pesan anak-anak mereka secara individual.

3. Manfaat dan pertimbangan etis

Pengenalan kontrol yang lebih ketat ini tentu menjadi kabar baik bagi orang tua yang peduli akan keselamatan online anak-anak mereka, terutama dengan meningkatnya risiko seperti cyberbullying. Namun, hal ini juga mengundang pertanyaan tentang keseimbangan antara privasi dan perlindungan dalam lingkup keluarga. Penting bagi orang tua untuk mempertimbangkan dengan bijak bagaimana mereka akan menggunakan fitur ini untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak mereka dalam era digital yang semakin kompleks ini.

Saat ini, fitur ini masih dalam tahap pengujian dan belum dipastikan kapan akan dirilis secara luas. Tetapi, dengan semakin meningkatnya kesadaran akan keamanan online, pengenalan kontrol orang tua yang lebih kuat dalam aplikasi Pesan Google dapat menjadi langkah yang penting dan relevan.

Tag
Share
×
tekid
back to top