Samsung sebut Exynos 9 bisa rekam video hingga resolusi 8K

“Sayang, dalam prosesor terbarunya ini, Samsung masih kesulitan untuk mengembangkan GPU milik mereka sendiri”

Samsung baru saja memperkenalkan prosesor generasi terbarunya yang bernama Exynos 9820 resmi. Prosesor ini telah menggunakan teknologi fabrikasi yang cukup baru, dimana mereka dapat menyusutkan besaran penampang chipset mereka di ukuran 8nm saja.

Sama seperti generasi sebelumnya, prosesor generasi kesembilan Samsung ini akan memiliki delapan inti. Mereka memilih menggunakan empat Cortex A55 core untuk kinerja rendah, dan empat Cortex A75 core untuk perhitungan kinerja tinggi.


BACA JUGA

Samsung segera rilis casing Marvel Galaxy Note 10

Terungkap spesifikasi seri Galaxy M yang dirilis di 2020

Terungkap spesifikasi kamera Galaxy A21 hingga Galaxy A91


Konfigurasi ini membuat perusahaan asal Korea Selatan tersebut percaya diri prosesor terbaru mereka ini akan meningkat hingga 15 persen dari pendahulunya. Namun, klaim ini tentunya akan dibuktikan saat perangkat yang menggunakan prosesor ini tiba di pasaran.

Wccftech (16/11) melaporkan, cluster CPU Exynos 9820 yang didedikasikan untuk melaksanakan perhitungan mengalami perubahan tahun ini. Bila pendahulunya memiliki empat inti khusus di kluster ‘besar’, prosesor terbaru ini menggantikan dua inti tersebut dengan ARM Cortex A75. Dua lainnya adalah core CPU custom generasi keempat dari Samsung.

Core baru ini akan memberikan peningkatan 20 persen dalam kinerja single-core atau peningkatan 40 persen dalam efisiensi daya.

Samsung juga dilengkapi dengan modem LTE-Advanced Pro terbaru. Chip ini akan memberikan agregasi operator 8x, downlink 2Gbps dan kecepatan uplink 316Mbps. Exynos 9820 juga mendukung pengkodean dan penguraian 4K pada 150fps.

Ada juga dukungan akselerator AI terpisah. Dengan NPU ini, pemrosesan kecerdasan buatan pada Exynos 9820 akan dilakukan on-board dan tujuh kali lebih cepat dari pada prosesor pendahulunya. NPU akan fokus untuk melakukan perhitungan yang berkaitan dengan fotografi dan AR.

Tak ketinggalan, prosesor ini juga digadang-gadang akan dapat meningkatkan pengambilan gambar di perangkat yang menggunakannya. Bahkan, Samsung menyebut smartphone yang menggunakan prosesor ini dapat merekam video hingga resolusi 8K.

Sayang, hingga saat ini Samsung masih belum berhasil membuat solusi GPU khusus, meski rumor perkembangan semacam itu sering muncul. Exynos 9820 menggunakan core GPU ARM Mali-G76, dan Samsung mengklaim bahwa solusi ini mampu memberikan peningkatan kinerja 40 persen atau peningkatan efisiensi daya 35 persen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: