sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 26 Apr 2022 10:40 WIB

Sah, CEO Tesla Elon Musk resmi ambil alih Twitter USD44 miliar

Elon Musk membeli Twitter dengan harga USD54,20 per saham, harga yang sama dengan yang ia sebutkan dalam penawaran pertama kali pada 14 April.

Sah, CEO Tesla Elon Musk resmi ambil alih Twitter USD44 miliar

Twitter pada akhirnya menerima tawaran akuisisi dari Elon Musk seharga USD44 miliar. Hal ini mereka umumkan seara resmi dalam sebuah siaran pers, dimana mereka mengumumkan bahwa Musk harus membayar sekitar USD54,20 per lembar saham, dimana sesuai dengan penawaran awal yang dilakukannya 14 April lalu.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital tempat hal-hal penting bagi masa depan umat manusia diperdebatkan,” kata Musk dalam sebuah pernyataan yang disertakan dengan rilis tersebut,seperti dikutip dari laman The Verge (26/4).

“Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk lewat fitur-fitur baru, membuat algoritma open source untuk meningkatkan kepercayaan, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua orang.”

CEO Twitter, Parag Agrawal juga menyambut kesepakatan ini dalam rilis dan mengatakan, “Twitter memiliki tujuan dan relevansi yang berdampak pada seluruh dunia. Sangat bangga dengan tim kami dan terinspirasi oleh pekerjaan yang tidak pernah lebih penting.”

Hal ini cukup mengejutkan dikarenakan sebelumnya dewan Twitter seolah menolak mentah-mentah penawaran Musk untuk membeli perusahaan tersebut. Media sosial dengan logo burung biru tersebut bahkan mengadopsi strategi poison pill untuk mencegah pengambilalihan Twitter. 

Tidak jelas apa yang membuat perusahaan tersebut berubah pikiran, namun laporan dari New York Times menggambarkan internal Twitter terpecah oleh berita, menerima sedikit informasi mengenai pembicaraan yang sedang berlangsung.

Musk memaparkan rencananya untuk mendanai kesepakatan dalam pengajuan SEC pada Kamis lalu, yang mencakup USD25,5 dalam bentuk pinjaman dan USD21 miliar dalam ekuitas pribadi.

Sekarang, belum diketahui apa langkah Musk selanjutnya setelah mendapatkan kontrol sepenuhnya terhadap media sosial yang secara vokal ia kritik itu. Musk sangat menaruh perhatian besar terhadap platform karena tidak menjunjung tinggi kebebasan bersuara dan memiliki tekad yang sangat besar untuk mengubah itu. 

Dia juga pernah membuat polling kepada pengguna Twitter tentang pembuatan tombol "edit", menyarankan untuk menghapus iklan dari Twitter Blue, menurunkan harga langganannya, dan menambahkan Dogecoin sebagai opsi pembayaran.

Nasib karyawan Twitter setelah kesepakatan dibuat

Beberapa jam setelah perusahaan mengumumkan setuju untuk dibeli oleh Musk, Agrawal menjawab beberapa pertanyaan terkait nasib para karyawan. Ia mengatakan saat ini tidak ada rencana PHK, menurut sumber yang tidak disebutkan namanya. Agrawal juga akan tetap menjabat sebagai CEO sampai kesepakatan ditutup.

“Memang ada ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi setelah kesepakatan ditutup,” kata Agrawal kepada staf.

Kesepakatan diharapkan akan selesai akhir tahun ini. Sampai Musk mengambil alih, staf Twitter mungkin harus menunggu untuk mengetahui bagaimana segala sesuatunya akan berubah. “Kami tidak memiliki semua jawaban,” kata Agrawal. "Ini adalah periode ketidakpastian."

Share
×
tekid
back to top