sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 22 Nov 2023 09:06 WIB

Perangkat Huawei global masih akan dukung aplikasi Android

Perangkat internasional Huawei akan terus berjalan di EMUI, sistem operasi khusus berbasis Android yang dikembangkan oleh Huawei.

Perangkat Huawei global masih akan dukung aplikasi Android

Dalam pengumuman baru-baru ini, Huawei mengungkapkan bahwa sistem operasi HarmonyOS Next mendatang tidak akan mendukung aplikasi Android di perangkat buatan sendiri. Namun, perusahaan ini kemungkinan akan melakukan perubahan tersebut hanya di Tiongkok.

Artinya, perangkat internasional Huawei akan terus berjalan di EMUI, sistem operasi khusus berbasis Android yang dikembangkan oleh Huawei.

Meskipun EMUI memiliki tampilan dan nuansa yang mirip dengan HarmonyOS, EMUI masih didasarkan pada Android Open Source Project (AOSP). Namun tidak termasuk layanan atau aplikasi Google. Meski demikian, pengguna masih dapat menginstal aplikasi Android asli melalui sideload.

Dilansir dari Gizmochina (22/11), Huawei berkomitmen untuk mendukung pengembang di seluruh dunia, memastikan aplikasi terus berfungsi dengan lancar di perangkat tanpa layanan Google. Perusahaan ini memiliki komunitas pengembang aplikasi yang berkembang dan berdedikasi untuk menjaga kompatibilitas.

Meskipun pengguna internasional tidak akan menerima update HarmonyOS, mereka masih memiliki akses ke fitur-fitur Android terbaru dan dukungan aplikasi melalui EMUI. Kemungkinan perluasan HarmonyOS secara global masih terbuka, tetapi untuk saat ini, konsumen internasional akan terus menggunakan EMUI dengan dukungan aplikasi Android asli.

Share
×
tekid
back to top