sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Senin, 12 Apr 2021 09:02 WIB

Penjualan PC naik meski pasokan chipset berkurang

IDC mengungkapkan bahwa di awal 2021 mereka melihat adanya peningkatan penjualan PC dan laptop meski saat ini terjadi kekurangan pasokan chipset.

Penjualan PC naik meski pasokan chipset berkurang

Sepanjang 2020 dan 2021 ini berita mengenai kekurangannya pasokan chipset hangat diperbincangkan. Hal ini dikarenakan kebanyakan vendor harus menahan produksi perangkat mereka karena tidak adanya chipset di pabrik perakitan mereka.

Meski demikian, hal ini tidak membuat masyarakat berhenti membeli perangkat baru untuk menunjang kegiatan mereka selama di rumah. Bahkan, dalam laporan terbaru disebutkan, penjualan PC di awal 2021 ini mengalami peningkatan.

Hal ini terungkap dalam laporan terbaru dari IDC. Pada kuartal pertama 2021 dilaporkan pengapalan PC mengalami peningkatan yang cukup drastis, yakni ada di angka 55,2% di seluruh dunia.

Dilaporkan, industri PC telah mengirimkan 83.981 juta perangkat pada kuartal pertama 2021. Meski demikian, jumlah ini dilaporkan menurun sekitar 8% jika dibandingkan dengan kuartal keempat 2020.

Menariknya, data tersebut menyebutkan sebagian besar pemasok PC di posisi lima teratas menunjukkan pertumbuhan penjualan unit PC lebih dari 50% dari tahun ke tahun.

Lenovo masih menjadi pemimpin pasar dengan menjual 20,4 juta perangkat dan menguasai pangsa pasar sebesar 24,3%. HP berada di urutan kedua dengan pengiriman 19,237 juta perangkat dan memiliki 22,9% pangsa pasar. 

Dell menempati posisi ketiga dengan pengiriman 12,946 juta perangkat dengan pangsa pasar 15,4%. Apple mengikuti di posisi keempat dengan mengirimkan 6.692 juta Mac dan memiliki pangsa pasar 8%.

Menariknya, penjualan Apple disebut naik 111,5% dari tahun ke tahun. Ini merupakan lonjakan terbesar yang dirasakan oleh Apple. Sedangkan Acer ada di posisi kelima dengan pengapalan 5,837 juta perangkat dan memiliki pangsa pasar 7%.

“Permintaan yang tidak terpenuhi dari tahun lalu telah dibawa ke kuartal pertama (2021) dan permintaan tambahan yang disebabkan oleh pandemi juga terus mendorong volume," kata research manager IDC Mobile Device Trackers, Jitesh Ubrani seperti dikutip dari laman Tom’s Hardware (12/4).

"Namun, pasar terus berjuang dengan kemunduran termasuk kekurangan komponen dan masalah logistik, yang masing-masing berkontribusi pada peningkatan harga jual rata-rata."

Tapi menarik untuk melihat bagaimana respon vendor terhadap peningkatan permintaan PC (dan laptop) selama 2021 ini. Sebab, hingga saat ini pasokan chipset masih sangat terganggu akibat pandemi yang melanda satu tahun terakhir ini.

Share
×
tekid
back to top