sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 07 Mei 2024 22:28 WIB

Apple perkenalkan Apple M4, diklaim punya kemampuan AI terbaik

Apple baru saja secara resmi meluncurkan SoC terbaru mereka, yakni M4 dengan klaim punya kemampuan AI terbaik di kelasnya.

Apple perkenalkan Apple M4, diklaim punya kemampuan AI terbaik

Pada acara Let Loose yang diselenggarakan oleh Apple Selasa (7/5), perusahaan tersebut meluncurkan beberapa perangkat iPad generasi terbaru. Dan yang paling menarik perhatian adalah hadirnya iPad Pro 2024 yang menggunakan prosesor generasi terbaru.

Ya, Apple dengan sengaja melompati M3 di iPad Pro 2024 ini dan langsung menggunakan SoC generasi terbaru mereka, yakni M4. Dengan penuh percaya diri mereka menyebut performa dari SoC ini dapat melampaui SoC generasi sebelumnya itu sendiri.

Apple menyebut, M4 dapat menghasilkan performa yang sama dengan M2, dengan penggunaan daya setengah lebih sedikit. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan teknologi fabrikasi terbaru mereka, yakni teknologi fabrikasi 3nm generasi kedua.

SoC ini hadir dengan total 10 inti, dengan 4 inti performa dan 6 inti lain merupakan inti efisien. Jadi, wajar saja jika M4 dapat menghadirkan performa CPU yang tinggi namun tetap memiliki penggunaan daya yang lebih baik.

Nah sedangkan untuk GPU, Apple M4 hadir dengan total 10 GPU dengan dukungan Dynamic Caching. Hadir juga beberapa fitur baru seperti Mesh Shading dan dukungan Ray Tracing yang akan memanjakan mata para gamer di beberapa game yang memang sudah mendukung teknologi tersebut.

Yang lebih menarik lagi nih, performa dari GPU ini juga diklaim akan jauh lebih kencang dari M2. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut mengklaim performa M4 4 kali lebih kencang jika dibandingkan dengan M2 saat melakukan rendering video.

Hal yang mereka banggakan dari SoC baru ini adalah yakni kemampuan AI melalui Neural Engine terbaru yang ada di SoC M4 ini. Kemampuan dari Neural Engine ini dapat melakukan 38 triliun operasi per detik. Bahkan, mereka menyebut kemampuan ini 60x lebih cepat dari Neural Engine generasi pertama.

Salah satu contoh pengaplikasian dari teknologi AI ini adalah di final cut pro, AI yang ada di iPad Pro 2024 ini bisa mengisolasi subyek dari background walau menggunakan video 4K dengan satu sentuhan saja. Jadi pengguna dapat dengan mudah melakukan editing dengan hasil yang lebih baik.

Dan saking kencangnya, mereka juga menyebut performa AI dari SoC M4 ini lebih baik atau sama dengan kemampuan AI yang ada di laptop. Hal ini mungkin akan menarik untuk dibahas, karena AI saat ini sedang banyak digunakan oleh pengguna teknologi di seluruh dunia.

Tag
Share
×
tekid
back to top