OS Huawei lebih cepat 60% dari Android

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Huawei dengan partner domestik, sistem operasinya diklaim mampu bekerja 60% lebih cepat dari Android.

OS Huawei lebih cepat 60% dari Android Source: Google

Huawei dilaporkan menjalin kerjasama dengan partner domestik untuk menguji coba sistem operasi terbarunya. Setidaknya, nama-nama seperti Oppo, Vivo, Xiaomi dan bahkan Tencent kabarnya sudah menjajal Ark OS milik Huawei.

GlobalTimes (14/6), melaporkan Tencent membuat sebuah tim bersama dengan pegawai Huawei untuk menjajal OS baru Huawei tersebut. Vendor seperti Oppo dan Vivo juga dilaporkan mengirimkan tim untuk mendapatkan kesempatan serupa. Ark OS ini diklaim lebih cepat 60% dari sistem operasi Android.


BACA JUGA

Huawei tunda rilis Mate X ke pasar

Huawei minta bayaran USD1 miliar dari Verizon

Alternatif Android sudah disiapkan Huawei sejak 7 tahun terakhir


Sistem operasi ini diperkirakan akan hadir perdana di perangkat terbaru Huawei, yakni P40. Kendati begitu, belum diketahui kapan perangkat ini akan diluncurkan.  Kepala Strategi Huawei, Shao Yang juga masih bungkam mengenai kapan Ark OS akan diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Sebagaimana diketahui, karena adanya pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei tak lagi mendapatkan lisensi untuk menikmati layanan Google. Oleh karena itu, perusahaan asal China ini berjuang untuk mempercepat pengembangan sistem operasi alternatif Android itu.

Kabar sebelumnya mengatakan bahwa Huawei telah mengirimkan sekitar 1 juta smartphone dengan Ark OS untuk keperluan uji coba. Sayangnya tidak diketahui apakah pengiriman tersebut ditujukan bagi divisi pengembangan atau langsung ke pasar. OS ini diklaim kompatibel dengan semua aplikasi Android dengan peningkatan fungsi keamanan untuk melindungi data personal penggunanya.

Berkenaan dengan itu, Huawei juga merayu banyak pengembang untuk membantu mengisi toko aplikasi miliknya. Melalui email yang dikirimkan kepada para pengembang, Huawei menjanjikan dukungan penuh bagi para pengembang aplikasi tersebut.

Secara jumlah, toko aplikasi Huawei sebenarnya ada pada setiap smartphone Huawei. Bahkan perusahaan China ini mengklaim memiliki 270 pengguna aktif toko aplikasi tersebut. Tetapi nampaknya Huawei akan mengalami kendala untuk memasang aplikasi populer seperti facebook, Whatsapp, atau Instagram, yang notabene berasal dari Amerika Serikat.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: