sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 07 Feb 2022 14:11 WIB

Imbas saham Meta anjlok, Mark Zuckerberg didepak dari 10 orang terkaya di dunia

Dengan kekayaan bersih saat ini sebesar USD84,3 miliar (Forbes), Zuckerberg didepak dari daftar 10 orang terkaya dunia untuk pertama kalinya.

Imbas saham Meta anjlok, Mark Zuckerberg didepak dari 10 orang terkaya di dunia

Kekayaan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, turun hampir USD30 miliar, menyusul anjloknya saham Meta yang memecahkan rekor pada Kamis lalu, menurut laporan CNBC (7/2). Dengan kekayaan bersih saat ini sebesar USD84,3 miliar (Forbes), Zuckerberg didepak dari daftar 10 orang terkaya dunia untuk pertama kalinya sejak 2015.

Anjloknya saham Meta menjadi faktor utama turunnya kekayaan Zuckerberg. Pasalnya, ia memiliki hampir 13% dari saham Meta, yang baru-baru ini berganti nama dari Facebook. Total kerugian Zuckerberg mencapai USD29,8 miliar, menjadi kerugian terbesar kedua yang terjadi dalam satu hari sepanjang sejarah, setelah Elon Musk.

Seperti diketahui, saham Meta anjlok setelah perusahaan mengumumkan pertumbuhan pendapatan yang lemah dari kuartal berikutnya. Ini juga sekaligus menunjukkan turunnya pengguna harian Facebook, serta kerugian USD10 miliar yang akan disebabkan oleh peraturan privasi baru Apple.

Penurunan saham 26% adalah penurunan terbesar yang pernah terjadi di Meta, menghilangkan lebih dari USD200 miliar dari kapitalisasi pasarnya, yang juga merupakan rekor bagi perusahaan.

Untuk diketahui, Zuckerberg pertama kali menjadi miliarder pada usia 23 tahun setelah IPO Facebook 2008. Saat itu, jaringan sosial mulai populer, termasuk akuisisi Instagram dan WhatsApp.

Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan dikabarkan menghabiskan kekayaannya bergabung dengan organisasi amal yang didirikan oleh Bill Gates dan Warren Buffet, Giving Pledge. Setiap anggota dalam organisasi ini setuju untuk memberikan setengah dari kekayaan mereka. Dilaporkan, pasangan itu telah menyumbangkan 99% dari saham mereka.

Share
×
tekid
back to top