Lenovo rajai pasar PC global di Q2 2019

Menurut IDC, penjualan PC di kuartal dua mencapai 64,9 juta unit, meningkat 4,7% dari tahun ke tahun.

Lenovo rajai pasar PC global di Q2 2019 (Foto: Liberiangeek)

Penjualan PC di seluruh dunia tumbuh pada kuartal kedua tahun 2019. Data yang dirilis Gartner dan IDC menunjukkan adanya pembaruan permintaan driver Windows 10. Kedua firma riset itu menunjukkan Lenovo menjadi vendor PC teratas secara global di kuartal ini.

Menurut IDC, penjualan PC di kuartal dua mencapai 64,9 juta unit, meningkat 4,7% dari tahun ke tahun. IDC mengaitkan pertumbuhan Windows 10 dengan berkurangnya pasokan CPU Intel karena meningkatnya ketegangan perdagangan. Sementara itu Gartner menyebut penjualan PC global kuarta dua tahun ini mencapai 63 juta unit, naik 1,5% dari tahun ke tahun.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

HP perkenalkan laptop Project Athena pertama, Elite Dragonfly

Surface Laptop 3 15 inci akan hadir dengan prosesor AMD

Microsoft patenkan teknologi engsel baru


Gartner mengatakan ada tanda-tanda kekurangan CPU Intel telah mereda, namun menyatakan masalah pasokan di semester pertama tahun ini memungkinkan tiga vendor teratas untuk mendapatkan lebih banyak pangsa pasar di Q2. 

Gartner dan IDC memang berbeda dalam mendefinisikan pasar PC. Gartner menghimpun data penjualan PC termasuk PC desktop, notebook dan perangkat PC ultramobile seperti Microsoft Surface, namun tak menyertakan Chromebook atau iPad. IDC sendiri menghitung desktop, notebook (termasuk Chromebook) dan workstation, namun bukan tablet atau Server x86.

Baik Gartner maupun IDC menyatakan Lenovo meraih 25% pasar di kuartal dua tahun ini dengan pertumbuhan dua digit dari tahun ke tahun. Menurut Gartner Lenovo mengirimkan 15.774 perangkat, berbeda dengan IDC yang menyatakan 16.254 pengiriman.

Dilansir Zdnet (12/7), HP berada di urutan kedua dan berhasil meraih 20% pasar dengan pertumbuhan beberapa poin dari tahun ke tahun. Sementara itu Dell mempertahankan posisinya yang ketiga dengan pertumbuhan beberapa poin. Menyusul ketiganya Apple dan Acer yang masuk dalam lima besar vendor PC global.

Menurut IDC, pasar PC tradisional di AS mencatat pertumbuhan satu digit yang tinggi. Hal ini didukung oleh peningkatan volume desktop dan notebook. Namun Gartner mencatat penurunan 0,4% untuk pengiriman PC di AS.

Di Asia / Pasifik, Gartner melaporkan sedikit penurunan pengiriman PC, sebagian besar karena pasar Cina yang melemah. IDC menyatakan segmen komersil Jepang mampu mempertahankan momentum yang kuat di kuartal dua, sementara sisanya dari pasar Asia / Pasifik juga cukup tumbuh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: