Lebih baik dari OLED, teknologi TV MicroLED akan jadi mainstream

Alasan dari lonjakan pengiriman ini tidak lain adalah penurunan biaya produksi secara signifikan yang berujung pada penurunan harga yang sangat drastis.

Lebih baik dari OLED, teknologi TV MicroLED akan jadi mainstream Source: What Hifi

Teknologi panel layar MicroLED akan segera menjadi mainstream. Perusahaan riset HIS Markit memperkirakan pengiriman teknologi tersebut akan meningkat dari, di bawah 1000 unit tahun ini, menjadi 15,5 juta unit pada tahun 2026. Dilansir dari What Hifi (23/6), angka ini mencakup semua jenis layar MicroLED, mulai dari smartwatch hingga ke panel televisi.

Alasan dari lonjakan pengiriman ini tidak lain adalah penurunan biaya produksi secara signifikan yang berujung pada penurunan harga MicroLED yang sangat drastis. Hal ini pada gilirannya akan membuat teknologi MicroLED jauh lebih menarik bagi konsumen.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Nasib Pay TV di Indonesia: hidup susah mati tak mau

Sony luncurkan TV 8K 98 inci seharga mobil mewah

Sony pamer layar beresolusi 16K


Televisi berbasis MicroLED mirip dengan teknologi OLED yang memiliki pencahayaan sendiri pada setiap pikselnya. Tetapi alih-alih menggunakan dioda pemancar cahaya organik (OLED), MicroLED menggunakan penerangan LED kecil untuk setiap pikselnya. Artinya, piksel-piksel yang ada di panel dapat menyala dan mati secara individu. Dengan demikian menjanjikan kontras sempurna dan warna pekat.

Saat ini, televisi berbasis teknologi MicroLED hanya terdapat pada keperluan komersial seperti iklan. Tetapi tampaknya kita akan melihat perangkat dengan teknologi pencahayaan ini pada tahun depan. Meski demikian, jangan harap harganya cukup terjangkau seperti televisi LCD dengan penerangan backlight LED.

Menurut HIS Markit, layar MicroLED akan hinggap juga di smartwatch, sistem Augmented Reality (AR) dan smartphone. Sebagai contoh, biaya panel MicroLED 1,5 inci untuk smartwatch akan turun menjadi sepersepuluh dari biaya saat ini pada tahun 2026. Harga panel televisi 75 inci hanya berharga seperlima dari harga saat ini di periode yang sama.

Meski ada peningkatan besar dalam popularitas jenis layar ini, MicroLED akan berperan sebagaian kecil dari seluruh penjualan televisi global – hanya 0,4 persen. Jadi kemungkinan besar OLED tidak akan kalah pamor oleh MicroLED dalam beberapa tahun mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: