sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Rabu, 06 Mei 2020 13:38 WIB

Kontroler Stadia kini bisa dipakai di laptop tanpa kabel

Akhirnya Google memperluas dukungan nirkabel kontroler Stadia di perangkat laptop dan komputer desktop.

Kontroler Stadia kini bisa dipakai di laptop tanpa kabel
Source: Google

Google akhirnya memberikan dukungan untuk menggunakan kontroler Stadia secara nirkabel di perangkat seperti laptop dan desktop. Kabarnya, mulai pekan ini, pengguna kontroler Stadia tidak lagi membutuhkan kabel untuk menghubungkan perangkat ini ke laptop dan komputer. 

Sebagaimana diketahui, sewaktu meluncurkan Stadia, Google juga memperkenalkan kontroler untuk bermain di platform tersebut. Sayangnya, meski diklaim nirkabel, pengguna tetap harus mengandalkan koneksi kabel USB Type-C jika hendak memainkan Stadia di laptop atau komputer. Pasalnya saat ini, dukungan nirkabel untuk kontroler Stadia hanya tersedia untuk Chromecast Ultra saja. 

Dilansir dari TheVerge (6/5), kontroler Stadia ini akan terhubung langsung dengan server Google melalui koneksi Wi-Fi. Jadi pengguna tidak benar-benar menghubungkan kontrolernya ke laptop atau komputer mereka, seperti halnya kontroler bluetooth biasa. 

Google menyatakan hal itu dilakukan untuk membantu kontroler tersebut memberikan kontrol yang akurat. Sayangnya, dukungan ini belum tersedia untuk pengguna yang ingin memainkan Stadia di smartphone. Artinya, pengguna smartphone masih harus menyambungkan kontroler ini ke smartphone menggunakan kabel. 

Saat ini, Google sudah menyediakan kontroler Stadia secara terpisah. Perangkat itu dibanderol seharga USD69 atau sekitar Rp1 jutaan. Google juga menawarkan paket lengkap Stadia Premiere Edition dengan kontroler Stadia dan Chromecast Ultra seharga USD129 atau sekitar Rp1,9 jutaan. 

Tidak hanya itu saja, kabar sebelumnya menyebutkan kalau pengguna Stadia bisa menjalankan gim dengan memberi perintah melalui Google Assistant. Saat ini, integrasi tersebut baru sebatas membuka gim di Stadia saja. Namun Google menyatakan akan memberikan integrasi lebih dalam antara Google Assistant dan Stadia dengan dukungan fungsi yang lebih beragam lagi. 

Share
back to top