Jajal earphone Sony WF-1000XM3 sambil jalan-jalan sore

Prosesor QN1e yang berfungsi untuk mendeteksi suara luar dan meredamnya agar suara musik terdengar lebih jernih. Sony mengatakan prosesor tersebut juga ada di headphone premium WH-1000XM3.

Jajal earphone Sony WF-1000XM3 sambil jalan-jalan sore

Banyak orang yang memiliki hobi mendengarkan musik. Pada zaman serba mobile seperti saat ini, tentu saja mendengarkan musik dapat dilakukan di mana saja. Salah satu pabrikan yang sudah banyak makan asam garam di dunia audio adalah Sony. Pabrikan dari Jepang tersebut hari ini (26/7), secara resmi meluncurkan headphone terbarunya WF-1000XM3.

Masuk ke dalam jenis earphone nirkabel, WF-1000XM3 mengandalkan teknologi Bluetooth 5.0 agar menjanjikan konektivitas nirkabel lebih stabil dan rentang jarak yang lebih jauh. Namun bukan itu yang menjadi fitur keunggulan WF-1000XM3. Sony membekali earphone ini dengan fungsi pemblokir suara bising atau Active Noise Cancelling (ANC).


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Sekuel Spider-Man: Into the Spider Verse akan tayang 2022 mendatang

PlayStation 4 jadi konsol kedua terlaris sepanjang masa

Sony akhirnya menyerah atas layanan streaming Vue mereka


Adapun prosesor QN1e yang berfugnsi untuk mendeteksi suara luar dan meredamnya agar suara musik pada earphone terdengar lebih jernih. Sony mengatakan prosesor tersebut juga ada pada headphone premium mereka, WH-1000XM3 mereka yang mampu menghabiskan suara bising secara optimal. Sebagai informasi, dua pabrikan yang jago menampilkan fungsi ANC dalam perangkat headphone atau earphone-nya adalah Sony dan Bose.

Prosesor tersebut diinformasikan secara cermat menciptakan gelombang suara terbalik untuk mengimbangi suara bising yang menganggu. Selain mampu menghilangkan hampir seluruh frekuensi, QN1e juga dinyatakan memiliki efisiensi daya yang tinggi.

Berbicara mengenai daya, Sony menyatakan baterai WF-1000XM3 mampu bertahan selama 8 jam dalam keadaan baterai penuh. Earphone nirkabel tersebut hadir dengan casing yang juga terintegrasi baterai untuk mengisi ulang WF-1000XM3 di perjalanan. Dikombinasikan dengan casing, maka keseluruhan daya tahan baterai earphone bertahan hingga 24 jam.

Earphone yang menganut form factor struktur ‘ergonomic tri-hold’ ini juga memiliki fungsi fast charging atau pengisian cepat. Pihak Sony mengatakan jika baterai earphone diisi ulang selama 10 menit, maka pengguna akan dapat mendengarkan musik selama 90 menit.

Kebetulan saya sempat menajajalnya sebentar untuk berjalan-jalan menggunakan transportasi MRT. Dapat saya katakan performa ANC WF-1000M3 mampu memberantas suara bising di stasiun saat saya ingin masuk ke peron kereta. Gemuruh kereta tidak dapat saya dengar. Orang-orang yang mengobrol di sekitar saya pun dapat dibungkam dengan baik, tetapi saya masih dapat mendengar suara orang tertawa.

Saat di dalam kereta, suara hening menyertai saya. Saya tidak mendengar suara gesekan antara roda kereta dan rel yang biasanya menganggu. Tetapi suara informasi dari pengeras suara kereta masih dapat terdengar meski tidak jelas informasinya. Secara keceluruhan, WF-1000XM3 lihai memblokir suara sekitar dengan frekuensi rendah dan berbunyi secara konstan.

Pengoperasian headphone ini cukup mudah diakses berkat sensor sentuh di kiri dan kanan masing-masing unit driver. Pada earphone sebelah kanan, kamu dapat mengetuknya sekali agar dapat melakukan Pause/Play musik. Untuk mengganti musik setelahnya atau sebelumnya, kamu dapat mengetuk earphone dua kali atau tiga kali.

Akses sensor sentuh sebelah kanan dapat berfungsi untuk mengakses fitur ANC agar aktif atau mati. Sayangnya tidak ada akses langsung untuk mengatur volume di earphone. Tetapi pihak Sony mengatakan kemungkinan fungsi tersebut akan hadir dengan pembaruan firmware di masa mendatang. Soal harga, WF-1000XM3 dibanderol dengan Rp3.499.000.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: