sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Kamis, 26 Mar 2020 14:25 WIB

iFixit: Keyboard MacBook Air lebih nyaman

Dalam hal kemudahan akses perbaikan, perubahan terbesar yang ditemukan iFixit adalah kabel trackpad tidak lagi terjepit di bawah motherboard.

iFixit: Keyboard MacBook Air lebih nyaman
Source: iFixit via Engadget

Apple menciptakan MacBook Air terbaru dengan desain yang ramping serta keyboard khusus yang sangat bagus. Berkat mekanisme berbentuk gunting, menggantikan keyboard mekanisme kupu-kupu yang tidak disukai sebagian besar fans mereka, mekanisme baru ini terasa lebih nyaman digunakan dengan jarak aktuasi lebih baik. Dilansir dari Engadget (26/3), iFixit membongkar MacBook Air dengan keyboard model gunting dan melaporkan bahwa perbedaan ketinggian tombolnya sekitar 0,5 mm.

Tombol-tombol pada keyboard tidak memiliki penghalang silikon yang ditemukan iFixit saat membongkar MacBook Pro sebelumnya. Apple pertama kali mengklaim bahwa penghalang itu dimaksudkan untuk membuat tombol pada keyboard lebih sunyi, tetapi dokumen internal kemudian mengungkapkan bahwa mekanisme itu dimaksudkan untuk “mencegah puing memasuki mekanisme kupu-kupu”. Dengan melupakan keyboard model kupu-kupu, sepertinya Apple mampu menyingkirkan penghalang silikon tersebut.

Dalam hal kemudahan akses perbaikan, perubahan terbesar yang ditemukan iFixit adalah kabel trackpad tidak lagi terjepit di bawah motherboard, sehingga pengguna dapat melepas trackpad tanpa harus melepas motherboard. Hal yang sama berlaku untuk baterai, yang berada di bawah kabel trackpad tersebut. Hal ini menjadikan akses perbaikan dan penggantian baterai lebih mudah dan lebih cepat.

Secara spesifikasi, MacBook Air 2020 menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang baru. Model paling murah akan menggunakan prosesor dual-core i3 dengan kecepatan prosesor 1.1GHz dan penyimpanan SSD 256GB dengan dihargai USD999 atau Rp15,4 juta. Jika pengguna ingin mengeluarkan dana USD250 atau Rp3,8 juta lebih banyak, mereka akan mendapatkan MacBook Air 2020 dengan prosesor core-i7 quad-core yang akan memiliki kecepatan clock 1,2GHz dengan penyimpanan hingga 2TB.

Share
back to top