sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Jumat, 11 Jun 2021 09:52 WIB

Harga DRAM naik, harga GPU makin selangit

Bukan saja harga GPU naik dikarenakan kelangkaan chipset, dalam waktu dekat ini para produsen DRAM akan meningkatkan harga chipset RAM GPU mereka.

Harga DRAM naik, harga GPU makin selangit

Harga GPU di pasaran saat ini tercatat di angka yang tidak masuk akal. Hal ini dikarenakan adanya penimbun yang sengaja menjual dengan harga yang mahal serta kelangkaan chipset yang terjadi secara global.

Dalam waktu dekat ini, harga MSRP dari GPU juga akan ikut melambung tinggi. Dalam sebuah laporan terbaru, akan ada satu komponen dari GPU yang meningkatkan harganya dikarenakan stok yang terbatas. Beberapa laporan menyebutkan, di tingkat pasar kontrak, tingkat pemenuhan untuk klien ukuran kecil hingga menengah berada di angka 30%. Situasi ini diperkirakan akan bertahan hingga kuartal ketiga tahun ini.

Selain itu, Wccftech (11/6) melaporkan, dalam waktu dekat ini diperkirakan adanya peningkatan harga DRAM dikarenakan pasokan yang terbatas. Harga DRAM akan meningkat 8 hingga 13% QoQ. 

Peningkatan harga salah satu komponen GPU ini akan semakin memberatkan para gamer. Hal ini dikarenakan saat tren cryptocurrency meledak tahun ini, harga GPU di pasaran melonjak hampir 200%, meski belakangan ini harga GPU terpantau mulai stabil.

Di beberapa pasar, untuk DRAM GDDR5 hampir tidak ada perbedaan antara harga di pasar spot dan harga kontrak. Ini kemungkinan karena penurunan produksi GPU tipe lama yang biasanya menggunakan memori ini. 

Namun, saat kita masuk ke memori yang lebih canggih yakni GDDR6, pasar spot memiliki harga 100% lebih tinggi dari harga kontrak. Hal ini membuat harga GPU secara umum meningkat drastis.

Selain DRAM, ada tiga faktor lain yang akan terus mendorong harga GPU. Tapi, mereka mengatakan meningkatnya harga DRAM akan menjadi salah satu pendorong terbesar untuk saat ini.

Kenaikan harga DRAM ini pun tidak hanya akan mengakibatkan GPU memiliki harga yang lebih mahal. Harga konsol gim pun dikabarkan akan ikut naik jika memang harga DRAM meningkat.

Seperti diketahui, Xbox Series X dan Playstation 5 juga menggunakan DRAM berbasis chip GDDR6. Tapi, beberapa pihak mengatakan harga kepingan DRAM untuk konsol belum akan mengalami peningkatan mengingat mereka memiliki tipe wafer yang berbeda dengan DRAM GPU pada umumnya.

Secara keseluruhan, harga DRAM grafis di pasar kontrak diperkirakan akan naik 8 hingga 13% pada kuartal ketiga. Hal ini membuat OEM/ODM ukuran kecil hingga menengah diperkirakan akan mendapat pukulan besar. Mereka terpaksa akan menaikkan harga untuk menyesuaikan harga modal.

Tag
Share
×
tekid
back to top