sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 10 Mei 2022 13:28 WIB

Hacker retas smart TV dan beberapa platform di Rusia untuk tampilkan pesan anti perang

Warna Rusia mendapatkan pesan di smart TV mereka yang menampilkan pesan anti perang. Ini adalah serangan dari para peretas.

Hacker retas smart TV dan beberapa platform di Rusia untuk tampilkan pesan anti perang

Pada hari yang sama Rusia merayakan perannya kala mengalahkan Nazi Jerman, banyak platform online negara tersebut diretas sebagai protes atas perang dengan Ukraina. The Washington Post melaporkan pada hari Senin bahwa warga Rusia dengan televisi pintar (smart TV) melihat daftar saluran dengan pesan yang melibatkan mereka dalam konflik yang sedang berlangsung.

“Darah ribuan orang Ukraina dan ratusan anak-anak yang terbunuh di tangan Anda,” bunyi pesan itu. “TV dan pihak berwenang berbohong. Katakan tidak untuk perang.”

Selain smart TV, peretasan juga menargetkan beberapa perusahaan internet besar di negara itu, termasuk Yandex. Dilansir dari Engadget (10/5), para peretas juga menyerang Rutube, alternatif Rusia untuk YouTube.

“Hosting video kami telah mengalami serangan siber yang kuat. Saat ini, tidak mungkin untuk mengakses platform,” kata Rutube dalam sebuah pernyataan yang diposting di saluran Telegramnya. Rutube kemudian menyatakan telah mengisolasi serangan itu dan perpustakaan kontennya tidak diakses dalam insiden tersebut.

Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada tanggal 24 Februari, negara itu terus menerus diserang oleh para peretas. Pada hari-hari awal konflik, Anonymous mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan DDoS yang menyebabkan beberapa situs resmi pemerintah, termasuk satu milik Kementerian Pertahanan, tidak dapat diakses.

Diyakini Anonymous juga bertanggung jawab atas insiden yang membuat beberapa saluran TV pemerintah Rusia memutar lagu kebangsaan Ukraina. Pada saat yang sama, Ukraina, dengan bantuan dari Microsoft dan perusahaan barat lainnya, baru-baru ini berhasil mencegah peretas militer Rusia mengganggu salah satu penyedia energi Ukraina.

Share
×
tekid
back to top