sun
moon
Premium Partner :
Selasa, 24 Mar 2020 10:23 WIB

Google buat laman khusus corona

Google baru saja membuat laman khusus Corona beralamatkan Google.com/covid-19 di mana terdapat enam fitur di dalamnya, yaitu Health Information, Safety & Prevention tips, Data & Insights, Resources to help, Support relief efforts, dan Latest from our blog.

Google buat laman khusus corona
Source: Google

Beberapa waktu lalu, Donald Trump mengklaim bahwa Google sudah memiliki laman khusus yang berisi informasi terkait corona. Hanya saja hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Meski begitu, Google akhirnya benar-benar menyelesaikan pembuatan situs tersebut dengan alamat Google.com/covid19.

Situs ini berisi informasi-informasi terkait Covid-19 dengan enam fitur di antaranya, Health Information, Safety & Prevention tips, Data & Insgihts, Resources to help, Support relief efforts, dan Latest from our blog.

fitur

Fitur pertama pada laman tersebut adalah Health Information atau Informasi Kesehatan. Ketika menu ini diketuk, akan muncul penjelasan singkat tentang Covid-19 dan langkah pencegahannya. Google juga mengaitkan link World Health Organization dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di samping kolom informasi. Sayangnya pada fitur pencarian sumber, situs hanya menawarkan regional Amerika Serikat.

Bergulir ke bawah, pengguna dapat menemukan video tips atau kiat pencegahah yang kebanyakan bersumber dari WHO dan CDC. Fitur ini sebenarnya hampir sama dengan fitur Resources to Help. Bedanya, pada Resources to Help anda tidak hanya menemukan kiat untuk pencegahan Covid-19, tapi juga kiat dari dampak adanya Covid-19. Misal, kiat belajar dari rumah, kiat melakukan workout di dalam rumah, dan makan makanan bergizi.

Fitur Data & Insights yang dimiliki situs ini menyajikan peta penyebaran Covid-19. Jika pengguna mengklik Explore the Map, akan muncul tab baru yang menampilkan peta serta daftar negara dengan kasus Covid-19. Daftar tersebut disusun dari negara yang memiliki kasus Covid-19 paling banyak dan itu adalah Tiongkok. Sampai saat ini, sebanyak 379,080 kasus Covid-19 telah terkonfirmasi di negara ini.

Peta penyebaran Coronadaftar negara

Tidak hanya membantu mengedukasi masyarakat, pengguna juga bisa beramal melalui situs ini lewat fitur Support relief effort. Pengguna dapat berdonasi dengan mengklik kotak donasi yang ada. Penggalangan dana ini melalui kerja sama Google.org dengan UN Foundation yang dibuat WHO.

Share
back to top