sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
Rabu, 23 Des 2020 14:37 WIB

Gojek bantu UMK Perempuan selama pandemi

Menurut laporan terbaru mengungkapkan bahwa salah satu aplikasi Gojek seperti GoBiz membantu UMK milik perempuan selama pandemi Covid-19.

Gojek bantu UMK Perempuan selama pandemi
Source: Gojek

Platform digital untuk pelaku usaha seperti GoBiz, telah membantu usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi Covid-19. Hal ini diketahui dari laporan terbaru yang berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” dari UN Women yang bekerjasama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek

Diketahui lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi terhadap bisnis mereka. Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang lebih tua (telah berdiri lebih dari 1 tahun) untuk bertahan dan 30-40 persen dari usaha yang lebih muda untuk berkembang. 

Di antara usaha yang lebih muda, usaha yang dimiliki oleh perempuan mendapatkan keuntungan terbesar. Di mana penggunaan platform digital membantu 41 persen dari UMK formal dan 40 persen dari UMK informal untuk berkembang, sebuah keunggulan 8-10 poin persentase dibandingkan dengan UMK milik laki-laki. Lebih lanjut, laporan UN Women menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital seperti GoBiz, Selly, dan MokaPOS.

“Temuan studi independen ini sejalan dengan apa yang telah diadvokasi Gojek melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek, yaitu untuk menjadi mitra pertumbuhan untuk 900.000 mitra usaha kami yang 96% di antaranya merupakan UMKM. Memperingati Hari Ibu, kami juga berbangga hati mengetahui bahwa teknologi kami dapat membantu para wirausaha perempuan untuk menjalankan berbagai perannya di bisnis dan keluarga. Ini menegaskan upaya kami untuk memastikan bahwa teknologi kami inklusif untuk semua,” kata Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita. 

Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, 42% mitra mitra usaha  GoFood adalah perempuan; 27% diantaranya merupakan ibu rumah tangga. 

Inisiatif #MelajuBersamaGojek merupakan keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman/ logistik, hingga administrasi.

Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Inisiatif #MelajuBersamaGojek juga diperkuat dengan semangat gotong royong melalui kolaborasi erat antara Gojek dan berbagai program dan instansi pemerintah, di antaranya adalah turut berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), memperluas akses pelaku pasar tradisional melalui inisiatif Pasar Mitra Tani, serta menjalin kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk penyaluran pinjaman bunga ringan untuk UMKM. 

Share
×
tekid
back to top