sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Rabu, 02 Des 2020 12:58 WIB

Gamer bisa mainkan gim PS2 di Xbox Series X dan Series S

Agar dapat memainkan gim PS2 di Xbox Series X dan Series S, pengguna wajib membayar Rp270 ribu untuk ikut dalam “Developer Program”.

Gamer bisa mainkan gim PS2 di Xbox Series X dan Series S

Fitur backward compatibility di konsol generasi terbaru merupakan fitur yang cukup dinanti para gamer. Sebab, mereka dapat memainkan gim di perpustakaan lawas mereka tanpa harus berganti-ganti konsol.

Sayangnya, untuk pengguna PlayStation 5, mereka hanya dapat memainkan gim di PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro saja. Sebaliknya, untuk para pengguna Xbox Series X dan Series S, gamer dapat memainkan gim yang ada di konsol Xbox Original hingga Xbox One, bahkan gim di PlayStation 2. 

The Verge (2/12) melaporkan, hal ini dapat dilakukan saat pengguna konsol tersebut ikut dalam “Developer Program” yang akan dapat membuka akses ke fitur Universal Windows Application (UWA). Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuka fitur instalasi aplikasi berbasis Windows di Xbox Series X dan Series S.

Untuk memainkan gim PS2 di kedua perangkat tersebut, pengguna harus menginstal emulator RetroArch yang menggunakan inti PCSX2. Kemudian, barulah para gamer dapat memainkan koleksi gim PS2 mereka di Xbox Series X dan Series S.

Perlu diperhatikan bahwa Microsoft tidak secara resmi mendukung emulasi semacam ini di konsol mereka. Selain itu, dukungan penuh PCSX2 untuk kedua perangkat tersebut masih dalam proses.

Patut disayangkan karena Sony hanya mendukung kompatibilitas hingga PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro saja. Padahal, sebagian besar penggemar mereka terbilang hardcore yang telah bermain sejak PlayStation One diluncurkan tahun 1990-an.

Namun, bagi pengguna yang tertarik untuk mencoba memainkan gim PS2 di Xbox Series X dan Series S, pengguna harus merogoh kocek sebesar USD19 atau Rp270 ribu untuk menjadi member “Developer Mode”. Selanjutnya, pengguna dapat mengunduh “Dev mode activation” dan menjalankan RetroArch di perangkat mereka.

 

 

Share
×
tekid
back to top