sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Minggu, 31 Okt 2021 09:22 WIB

Facebook umumkan Project Cambria

Facebook yang baru saja mengubah nama mereka menjadi Meta, mengumumkan Project Cambria yang merupakan sebuah perangkat yang mencampurkan VR dan AR.

Facebook umumkan Project Cambria

Setelah mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta, mereka langsung mengumumkan kehadiran jajaran inovasi terbaru mereka. Hal ini mereka lakukan selama acara Facebook Connect 2021 yang diadakan secara daring beberapa waktu lalu.

Dalam acara tersebut, CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan Project Cambria. Ini merupakan sebuah headset Mixed Reality generasi terbaru yang akan meningkatkan standar bagaimana pelanggan berinteraksi dengan kata-kata virtual. 

Pria yang akrab dipanggil Zuck tersebut mengatakan bahwa Project Cambria hingga saat Ini masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, dia mengatakan ada beberapa kemajuan yang mereka lakukan dalam pengembangan teknologi tersebut.

Dilansir dari laman Tom’s Hardware (31/10), mereka mengatakan teknologi ini akan menjembatani antara VR dan AR. Seperti diketahui, Meta ingin menghadirkan produk yang siap dipakai awal tahun depan.

Project Cambria akan menampilkan video passthrough resolusi tinggi penuh warna ke layar headset, yang memungkinkannya menampilkan tidak hanya ruang fisik tempat Anda terlibat, tetapi juga melapisinya dengan augmented reality. 

Zuck menjelaskan teknologi apa saja yang pengguna dapat lakukan dengan teknologi ini. Nampaknya, teknologi ini akan cocok digunakan oleh pengguna kelas atas karena memang harganya yang cukup tinggi.

Project Cambria diharapkan menggunakan optik generasi baru yang akan membuatnya lebih ramping dari headset yang ada saat ini. Sensor baru menangani fitur pelacakan yang ditingkatkan, lalu menerima, memproses secara algoritmik, merekonstruksi, dan menambah realitas fisik secara langsung.

Headset ini juga akan memiliki fitur pelacakan wajah dan mata, yang akan bekerja bersama dengan avatar yang sangat mirip dengan gerakan Anda yang sebenarnya ke dalam dunia nyata digital.

Sementara itu, agar interaksi avatar yang nyata itu lebih menarik daripada konferensi video digital sederhana, Facebook juga mengumumkan pengalaman Horizon Home for Oculus. Peningkatan ini akan meningkatkan penggunaan rumah virtual yang ada dengan memungkinkan pengguna mengundang teman digital untuk bermain game, menonton film, atau hang out. 

Kustomisasi untuk ruang virtual ini akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk tiba. Tak ketinggalan, mereka juga menggoda kehadiran Grand Theft Auto: San Andreas di ruang VR, yang saat ini mereka sedang kembangkan.

Meski demikian, pihak Facebook belum memberikan informasi terkait tanggal peluncuran dari teknologi-teknologi tersebut. Semoga saja, kita dapat melihat teknologi ini dalam waktu dekat ini.

Share
×
tekid
back to top