Dukung eSport, Pemerintah gelar Piala Presiden 2019

Pemerintah ingin membantu para atlet eSport, terutama mereka yang bermain Mobile Legend, untuk dapat berkompetisi di ajang internasional.

Dukung eSport, Pemerintah gelar Piala Presiden 2019 Ilustrasi eSport (Pexels)

Pemerintah menggelar kompetisi eSport melalui acara Piala Presiden 2019. Pemerintah Indonesia ingin membantu atlet eSport untuk bertanding di kancah Internasional.

Gim yang dipertandingkan dalam ajang ini adalah Mobile Legend. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara berharap ajang ini dapat menjadi wadah para gamer Tanah Air lebih unggul lagi di kancah internasional


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Idbyte selenggarakan kompetisi eSport pertama, hadiah total Rp750 juta

Nissan punya kursi untuk atlet eSport

eSport, bukan industri main-main


"Masyarakat dapat mendukung para gamer Indonesia. Kita punya 43 juta gamer, namun skill saja belum cukup kalau tidak didukung oleh seluruh masyarakat," papar Rudiantara, di Kantor Sekretariat Negara saat mengumumkan acara Piala Presiden eSport 2019, seperti dikutip dari laman Kominfo.go.id (29/1/2019).

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko mengatakan, Presiden Joko Widodo ingin suatu saat Indonesia memiliki sumber daya manusia gamers yang unggul dan berkompeten di bidang esport. 

“Presiden Joko Widodo akan memberikan perhatian khusus terhadap potensi generasi milenial dan para gamer,” kata Moeldoko.

Di sisi lain, Presiden Indonesia Esport Premier League (IESPL) Giring Ganesha mengungkapkan, penyelenggaraan Piala Presiden eSport 2019 terinspirasi dari harapan Presiden Joko Widodo yang menginginkan kemajuan ekosistem eSport di Indonesia. 

“Saat ini ada sekitar 50 juta gamer di Indonesia,” kata Giring.

Alasan dipilihnya gim Mobile Legend adalah dikarenakan gim tersebut merupakan salah satu gim paling populer di Indonesia. Selain itu, di dunia, gim ini juga merupakan gim yang lumayan sering memiliki kompetisi skala Internasional.

Yang menarik, ajang ini tidak akan hanya diselenggarakan di Jakarta saja. Para gamer dari daerah juga dapat mengikuti kompetisi ini. Mereka harus melalui dua tahapan untuk bersaing menjadi pemenang.

Turnamen regional akan diadakan di total delapan daerah. Daerah-daerah tersebut diantaranya  berlangsung di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center pada 9-10 Februari, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar pada 16-17 Februari, The Park Mall Solo dan Manado Town Square pada 23-24 Februari, serta di Aston Pontianak dan Summarecon Mall Bekasi pada 2-3 Maret mendatang, dengan total 512 gamer dari masing-masing regional.

Selanjutnya, tim terbaik dari delapan kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL. Selain bertanding, mereka juga akan dibekali informasi terkait dengan eSport dunia.

Setelah itu, mereka yang lolos akan bersaing di babak Grand Final Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada akhir Maret 2019. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir dalam ajang tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: