sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 23 Des 2017 10:00 WIB

Dugaan tren teknologi di tahun 2018

Beberapa tren teknologi ini diyakini akan mengubah wajah dunia tahun depan.

Beberapa tren teknologi terkadang tidak dapat bertahan sehingga mulai ditinggalkan dan akhirnya mati. Sementara itu, beberapa teknologi terus berkembang secara signifikan dan tak ayal mengubah dunia kita. Menurut Forbes, inilah 9 tren teknologi yang akan mengubah wajah teknologi di tahun 2018.

Ledakan penggunaan data tiap harinya

Sekarang ini, hampir semua aktivitas membutuhkan data pengguna. Mulai dari aplikasi pengiriman pesan atau membeli kopi via transportasi online membutuhkan data pengguna, belum lagi transaksi online pada market place yang menawarkan puluhan diskon menarik.

Menurut perkiraan Bernard Marr di Forbes, angka penggunaan data ini akan meningkat drastis pada tahun depan. Dia menduga, akan ada 900 ribu login ke Facebook, 450 ribu Tweet yang di-post, 156 juta email dan 15 juta pesan teks yang dikirim setiap menit.

Makin marak IoT dan perangkat pintar lainnya

Perangkat IoT dan smartphone, juga smart wearable menjadi salah satu sumber meningkatnya data secara signifikan. Semua perangkat ini terus mengumpulkan data, seperti contohnya proses sinkronisasi antara Fitbit dengan smartphone Anda.

Hal yang perlu digarisbawahi dari teknologi pintar ini adalah ia akan terus berkembang. Pada awal tahun 2020, akan ada seperempat miliar mobil yang sudah terhubung ke internet. Lalu, ada 75 miliar perangkat yang terhubung dengan internet.

Kekuatan komputasi beri pengaruh besar pada perkembangan teknologi

Berkembangnya teknologi baru tidak terlepas dari semakin kuatnya daya komputasi. Terhitung dari 1975 hingga 2015, kemampuan daya komputasi meningkat dua kali lipat setiap 2 tahunnya.

Beberapa pendapat menyebut bahwa daya komputasi tradisional sudah mencapai batasnya, namun tidak perlu khawatir karena saat ini kita mengenal komputasi quantum, komputer dengan kemampuan kerja hingga jutaan kali lebih cepat dari komputer kebanyakan. Komputasi quantum diyakini dapat menangani masalah yang bahkan belum bisa kita bayangkan.

Mesin yang belajar sendiri

Kita tengah menghadapi era di mana mesin memiliki kemampuan untuk belajar sendiri atau sering disebut Machine Learning. Kemampuan ini sangat membantu kecerdasan buatan untuk semakin pintar lagi. Semakin banyak data yang dimiliki AI, ia akan semakin cepat belajar dan akan semakin akurat

Sebuah langkah besar dalam kemampuan AI adalah semakin banyak hal yang mestinya dilakukan oleh manusia digantikan oleh kecerdasan buatan. Seperti membuat komputer mengenali pengguna melalui pemindai wajah, mendeteksi pesan sensitif pada media sosial, hingga mengukur kadar emosi.

Teknologi otomasi yang tak terbendung

Semakin cerdas sebuah mesin, akan semakin banyak kemampuan yang bisa ia lakukan. Itu artinya, mesin dapat menangani lebih banyak proses, pengambilan keputusan dan fungsi dengan mengandalkan algoritma dan robot.

Bukan tidak mungkin ke depannya, banyak perusahaan yang mulai menggantikan manusia dengan mesin. Mesin dapat melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan manusia lebih cepat, aman, murah dan lebih akurat. Di Amerika sendiri, sekitar 47% pekerjaan bisa digantikan oleh mesin otomasi.

3D Printing membuka peluang bagi pelaku bisnis

Hadirnya 3D Printing bisa dikatakan sebagai pengganggu mekanisme industri tradisional yang sudah dikenal selama ini, namun dalam dalam hal yang positif. Menggunakan 3D Printing dapat membuat bentuk yang lebih kompleks.

Dalam proses tradisional, objek dengan material tertentu harus dipotong menggunakan peralatan khusus. 3D Printing justru membuat objek menggunakan teknik lapisan yang bisa menangani beberapa material yang berbeda. Mulai plastik, logam, cairan, bubuk, sampai jaringan manusia.

Share
back to top