sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Senin, 21 Jun 2021 18:21 WIB

Cocos Creator 3.2, jadi platform pengembangan gim pertama di HarmonyOS

Cocos Creator 3.2 sebagai platform pengembangan game yang mendukung pengembangan game berat dari berbagai kategori seperti 2D atau 3D.

Cocos Creator 3.2, jadi platform pengembangan gim pertama di HarmonyOS

Tim dari Cocos mengumumkan bahwa mereka meluncurkan versi terbaru untuk mendukung sistem operasi yang baru dirilis Huawei, yaitu HarmonyOS 2.0. Dilansir dari gizmochina (21/6), versi terbarunya adalah Cocos Creator 3.2, yang secara resmi diluncurkan pada sebuah acara di Shanghai. Tim Cocos akan menyediakan pengunduh terpadu dan portal peluncuran untuk alat terbarunya, Cocos Creator dan Cocos Creator 3D.

Ini menjadikan Cocos Creator 3.2 sebagai platform pengembangan game pertama di dunia yang bisa beroperasi pada sistem Huawei HarmonyOS, Cocos Creator sendiri adalah alat pengembangan untuk membuat game, yang dapat dikembangkan untuk semua platform , seperti iOS, Android, Game Instan Facebook, Game Mini WeChat, HTML5, dan juga desktop. Sistem ini juga dapat mengaktifkan peluncuran game berat dari berbagai kategori seperti 2D atau 3D. Selain itu, Cocos Creator 3.2 juga mendukung pengemasan game dengan satu klik ke dalam aplikasi HarmonyOS. Jadi, Cocos Creator 3.2 ini bahkan mendukung penggunaan kemampuan PhysX dari platform ByteDance di mini game ByteDance. 

Sedangkan untuk menyelesaikan pengembangan game dengan HarmonyOS, pengembang harus menyelesaikan proyek pengembangan game terlebih dahulu di Cocos Creator. Kemudian, pengembang dapat memilih build game untuk HarmonyOS. Setelah itu, pengembang dapat melakukan impor proyek tersebut ke HarmonyOS DevEco Studio Huawei untuk dikompilasi, disebarkan, dan di-debug. Pengembangan game melalui Cocos Creator versi terbaru membutuhkan smartphone Huawei P40 atau Mate 40 Pro.

Dalam istilah yang lebih sederhana, pengembang game sekarang dapat menyelesaikan proyek di Cocos Creator dalam platform HarmonyOS. Jadi, adanya Cocos Creator 3.2 diharapkan menjadi jalan bagi para pengembang game agar dapat segera meluncurkan game ponsel unggulan untuk HarmonyOS, yang mungkin secara eksklusif masuk ke AppGallery Huawei.

 

Share
×
tekid
back to top