sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Sabtu, 28 Mei 2022 10:16 WIB

Chip Apple A16 Bionic masih gunakan basis 5nm

Seri Apple iPhone 14 mendatang kemungkinan bakal menggunakan prosesor Bionic A16 generasi baru. Namun, chipset ini dilaporkan masih menggunakan basis 5nm.

Chip Apple A16  Bionic masih gunakan basis 5nm

Selama beberapa minggu terakhir, ada berbagai kabar mengenai seri Apple iPhone 14. Sekarang, laporan terbaru telah mengungkapkan beberapa informasi menarik mengenai chip Bionic A16 generasi berikutnya yang akan memberi daya pada iPhone generasi baru tersebut.

Sebelumnya, telah dilaporkan bahwa Apple akan menggunakan chip A16 baru untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, sedangkan iPhone 14 dan iPhone 14 Max versi dasar menampilkan prosesor A15 Bionic yang dikenalkan tahun lalu. Selain itu, A16 Bionic pada awalnya diyakini didasarkan pada node proses 4nm baru TSMC. Namun, menurut keterangan rahasia @ShrimpApplePro, ini mungkin tidak terjadi pada tahun ini.

Dalam sebuat tweet, keterangan rahasia itu mengatakan bahwa sumber yang dapat dipercaya telah menginformasikan bahwa A16 Bionic masih akan didasarkan pada proses 5nm, atau TSMC N5P. Dilansir dari Gizmochina (28/5), sumber tersebut juga menyatakan bahwa A16 Bionic dapat didasarkan pada TSMCFF5, yang mungkin juga merupakan node proses yang diperbarui.

Tweet itu lebih lanjut menambahkan bahwa chip A16 Bionic baru juga akan hadir dengan dukungan untuk RAM LPDDR5 bersama dengan CPU dan GPU yang baru dan lebih baik. Di sisi lain, ada juga rumor bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Max akan menampilkan proses 5nm berbasis A16 Bionic, sedangkan mode Pro dilengkapi dengan chipset A16 Pro yang lebih canggih. Perlu diingat bahwa informasi ini masih sebatas spekulasi, jadi mungkin akan ada pembaruan lainnya.

Share
×
tekid
back to top