sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 26 Okt 2022 13:37 WIB

Apple rilis macOS Ventura, iOS 16.1 dan iPadOS 16

Stage Manager Apple menjadi sorotan di Mac dan iPad, sementara fitur terbarukan seperti Apple Fitness+ telah hadir di iPhone.

Apple rilis macOS Ventura, iOS 16.1 dan iPadOS 16

Apple akhirnya resmi merilis sistem operasi macOS Ventura atau macOS 13. Bisa dikatakan ini merupakan pembaruan besar bagi Apple, karena sistem operasi ini disiapkan untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac. 

Apple sempat menunda merilis iPadOS 16 di tengah laporan yang menyarankan perlu lebih banyak waktu untuk memoles fitur multitasking Stage Manager (yang di rasa kurang pada akhirnya disempurnakan pada iPadOS 16 beta awal ini). Faktanya, Apple melewatkan rilis publik iPadOS 16 dan langsung ke versi 16.1 tepat pada waktunya, untuk iPad Pro terbaru dan produk entry-level lainnya.

Versi terbaru dari sistem operasi iPad akan menyertakan banyak pembaruan, seperti perubahan signifikan pada Mail, Safari, Pesan, dan aplikasi penting lainnya. Ada lebih banyak fitur yang berfokus pada kolaborasi, sementara aplikasi Cuaca dan Jam akhirnya hadir di iPad. Dukungan tampilan eksternal untuk Stage Manager akan tiba dalam beberapa bulan ke depan.

Akhir tahun ini, Apple akan merilis aplikasi iPad untuk meningkatkan produktivitas kolaboratif yang disebut Freeform. Tempat untuk pengguna membuat sketsa dengan Apple Pencil. Perusahaan mengatakan pengguna akan dapat melampirkan hampir semua jenis file ke kanvas, termasuk gambar, video, audio, PDF, dokumen dan URL, dan melihat pratinjau konten dengan nyaman.

Stage Manager juga menjadi daya tarik macOS Ventura, di mana fitur tersebut meningkatkan pengalaman multitasking di Mac. Lalu ada fitur Kamera Berkelanjutan, Anda dapat menggunakan iPhone Anda sebagai webcam Mac. Terdengar menarik, seperti halnya pengenalan grup tab yang bisa dibuka secara bersamaan serta kunci sandi untuk masuk ke Safari. 

Opsi aksesibilitas lainnya juga akan diterima pengguna, dengan macOS Ventura. Apple menambahkan Teks Otomatis untuk semua konten audio, alat pemeriksa teks proof reading untuk mereka yang menggunakan pembaca layar VoiceOver, dan alat lainnya. Sementara itu, perlu dicatat bahwa menu System Preferences sekarang disebut Pengaturan Sistem, yang kini memiliki desain baru untuk lebih menyelaraskannya dengan pengaturan iPhone dan iPad.

Sedangkan untuk iOS 16.1, menawarkan perpustakaan foto bersama melalui iCloud dan fungsi clean energy charging function, yang mengoptimalkan waktu pengisian daya iPhone menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan (meskipun fitur tersebut hanya untuk AS untuk saat ini). Apple Fitness+ juga sekarang tersedia di iPhone tanpa memerlukan Apple Watch. Untuk iPhone, fitur baru iOS 16.1 yang paling menarik adalah indikator persentase baterai. Setelah mendapat banyak kritikan pada iOS 16, Apple kini menampilkan indikator persentase baterai baru di bilah status iOS 16.1.

Sekarang ikon baterai akan terisi dan kosong secara bertahap, tergantung pada berapa banyak daya yang tersisa, juga dengan nilai persentase yang ditampilkan. Sebelumnya, di iOS 16.0, ikon baterai tetap penuh dan baru turun di bawah 20 persen.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top