sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 28 Nov 2022 16:10 WIB

Aplikasi open source di Mac bisa disusupi malware

Pengguna Mac harus lebih berhati-hati saat mengunduh dan menginstal aplikasi dikarenakan terdapat temuan suatu aplikasi open source yang dimodifikasi dan bisa melakukan peretasan.

Aplikasi open source di Mac bisa disusupi malware

Menggunakan berbagai aplikasi di Mac umumnya dianggap lebih aman daripada aplikasi yang berjalan di Windows. Perangkat lunak yang dikembangkan open source umumnya tidak berbahaya, tetapi bukan berarti seluruh software tersebut bisa terbebas dari malware.

Kini pengguna Mac harus lebih berhati-hati saat mengunduh dan menginstal aplikasi dari berbagai sumber di internet. Hal tersebut dikarenakan terdapat temuan suatu aplikasi open source yang dimodifikasi dan bisa melakukan peretasan terhadap perangkat pengunduh. Para hacker ini mencoba mengelabui pengguna Mac dengan menyebarkan aplikasi open source palsu di situs GitHub.

Temuan terbaru dari Trend Micro memberikan gambaran mengejutkan tentang risiko ini. Ada sebuah program open source yang dirancang untuk membantu pemilik Mac menandatangani aplikasi iPhone dan iPad yang telah dimodifikasi. Aplikasi palsu itu bisa mencuri informasi password akun Apple penggunanya. Aplikasi aslinya bernama ResignTool dan tersedia secara gratis di situs open source populer GitHub. Aplikasi ini padahal sudah berumur enam tahun, dan kode app ini bisa diakses di GitHub.

Jika sudah terlanjur membuat kesalahan dengan mengunduh versi malware dari aplikasi open source, konsekuensi yang mungkin terjadi adalah kehilangan berbagai akun Apple yang terhubung. 

Hal ini terjadi karena Mac akan secara otomatis menyinkronkan kata sandi yang disimpan di iPhone dan iPad pengguna. Tak hanya itu, informasi login aplikasi dan situs web apapun dapat dicuri, termasuk kata sandi untuk aplikasi keuangan dan situs web perbankan.

Dilansir dari Digitaltrends, ada solusi yang masuk akal untuk masalah ini. Aplikasi dan situs web penting harus mengaktifkan autentikasi dua faktor. Jika memungkinkan, hanya unduh aplikasi dari Mac App Store yang telah diuji keamanannya. Maka dari itu, jika mengunduh dari situs web, pastikan telah terpercaya dan dari sumber yang jelas. Terakhir, mungkin dengan memasang Antivirus pada Mac sehingga bisa membantu mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top