Review ROG Strix Scar III (G7310GU)

ROG Strix Scar III, cocok buat yang mau jadi Pro Gamer pemula

Asus melengkapinya dengan perpaduan prosesor Intel Core i7 generasi 9, GPU Nvidia GTX 1660Ti, dan layar 144Hz membuat laptop ini sangat cocok bagi para Pro Gamer pemula.

ROG Strix Scar III, cocok buat yang mau jadi Pro Gamer pemula ROG Strix Scar III

Saya harus akui, ROG Strix Scar II merupakan salah satu laptop gaming mid-level yang sangat mempesona. Tapi, kilauan pesona tersebut sayangnya harus berhenti. Pasalnya, Asus meluncurkan penerus dari laptop tersebut, ROG Strix Scar III.

Laptop ini memiliki beberapa update. Pertama dan terpenting adalah hadirnya fitur RGB di mana-mana. Ya, kesan pertama saya melihat laptop ini adalah sangat cocok bagi mereka yang senang perangkat mereka memiliki RGB dimana saja.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Plantronics BackBeat FIT 3200, earphone penggemar olahraga

Zowie S1 & S2, mouse eSports kok begini?

Corsair 220T RGB, casing ramah airflow!


Kami mulai dari desain. Seperti yang diketahui, ROG Strix Scar III mengadopsi desain laptop ROG Face Off Gaming Laptop, yang merupakan kolaborasi Asus dengan BMW Designworks yang diperkenalkan awal tahun ini.

Di sebelah kanan, saya menemukan sebuah lubang yang cukup aneh. Ternyata, lubang tersebut berguna sebagai rumah dari KeyStone, yang juga baru diperkenalkan awal tahun ini.

Sayang, saya harus kecewa. KeyStone yang rencananya akan dapat menyimpan memory untuk meluncurkan aplikasi tertentu. Namun, di ROG Strix Scar III ini ternyata fungsinya masih sangat terbatas.

Port I/O di laptop ini juga terbilang sangat lengkap. Di sisi kiri, terdapat tiga USB 3.0, yang saya rasa cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tak luput, ada juga jack audio 3,5mm.

Sedangkan di bagian belakang, pengguna akan menemukan satu konektor LAN RJ45, lubang pengisian daya, USB Type-C, serta sebuah HDMI.

Kembali ke RGB, saat saya membalik laptop tersebut, ada semacam strip berwarna putih untuk mengatur LED RGB. Kalian akan mendapatkan pencahayaan RBG di 80 persen bagian bawah dari laptop tersebut.

RGB ini juga terhubung dengan RGB yang ada di keyboard. Seperti biasa, pengguna dapat mengontrolnya dengan menggunakan ROG Armory Crarte, dimana di dalamnya sudah memiliki beberapa konfigurasi standar.

Selagi berbicara keyboard, pengalaman saya dalam menggunakan keyboard ini sangat nyaman. Bukan hanya saat bermain gim saja, namun juga pada saat melakukan pekerjaan sehari-hari.

Sedangkan pada saat digunakan untuk bermain gim, respon key-nya sangat baik. Apalagi, ditambah dengan teknologi Anti-Ghosting, yang membuat para gamer dipastikan tidak ketinggalan apapun saat memencet tombol keyboard.

Beralih ke bagian depan, tidak ada pembaruan yang signifikan nampaknya. Salah satu yang terlihat paling mendefinisikan bahwa laptop ini adalah laptop gaming, yakni adanya RBG dalam logo ROG di bagian depan laptop.

Layar

Layar di ROG Strix Scar III juga mendapatkan pembaruan. Asus menyematkan layar berukuran 17,3 inci, yang menggunakan panel IPS dengan response time 3ms serta memiliki refresh rate 144Hz.

Layar ini sangat cocok bagi para gamer yang ingin bermain gim FPS, dimana refresh rate yang lebih tinggi terbukti memiliki kesempatan untuk menang yang lebih besar lagi. Selain itu, penggunaan panel IPS berarti pengguna akan mendapatkan sudut pandang yang lebih baik.

Soal multimedia, layar ini juga dapat menghasilkan warna yang cukup baik, karena sudah memiliki sertifikasi SRGB 100 persen. Jadi, para konten kreator juga dapat menggunakan laptop ini untuk membuat konten.

Speaker yang disematkan di laptop ini sangat bertenaga. Suara yang dihasilkan cukup lantang, dan memiliki detail yang sangat baik. Bermain gim dan menonton film juga sangat imersif, karena speaker ini dapat mengeluarkan suara original langsung dari dalam film atau gim tersebut.

Sepertinya, sudah puas rasanya membicarakan mengenai desain dari ROG Strix Scar III. Yang paling penting dari laptop ini adalah apa yang ada di dalam. Hal ini dikarenakan seri ROG merupakan laptop yang ditujukan untuk para gamer.

Performa

ROG Strix Scar III ini memiliki prosesor Intel Core i7-9750H, dengan GPU Nvidia GTX 1660Ti. RAM dari laptop ini sebesar 16GB. Ada dua jenis penyimpanan yang Asus berikan di dalamnya yakni, penyimpanan SSD M.2 NVMe sebesar 256GB dan 1TB HDD. Sedangkan untuk kode produk, laptop ini memiliki kode ROG Strix G7310GU.

Hasil performa benchmark sintetis dari laptop ini, berikut ini hasil benchmark 3DMark dan Cinebench R15 dan R20 dari ROG Strix Scar III.

 

 

 

Lantas, bagaimana dengan performa dari laptop ini dalam melahap gim? Berikut ini hasil pengujian dari ROG Strix Scar III.

 

 

Selama saya menguji gim tersebut, saya merasa laptop ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mulai melangkah ke Pro Gamer.Pasalnya perpaduan layar 144Hz dengan prosesor dan GPU yang cukup mumpuni,  enghasilkan pengalaman yang sangat nyaman dalam bermain gim.

Satu gim lagi yang saya tidak masukkan kedalam benchmark tersebut adalah pengalaman bermain gim PUBG. Selama bermain, saya mendapatkan FPS di rata-rata 93 fps di pengaturan High.

Saya pun beberapa kali mencapai lebih dari 144 fps. Namun yang paling penting adalah laptop ini dapat menjaga fps agar  tidak jatuh di bawah 60fps. Hal ini sangat penting mengingat PUBG merupakan gim yang sangat kompetitif. Gangguan sekecil apapun akan dapat mempengaruhi performa gamer.

Begitu juga dengan WiFi yang ada di ROG Strix Scar III. Asus menyematkan Intel 802.11ac (2x2) Gigabit Wi-Fi. Tak ketinggalan, Wi-Fi ini juga sudah mendukung teknologi Rangeboost, yang membantu mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Kesimpulan

ROG Strix Scar III adalah laptop yang sangat cocok bagi mereka yang ingin mencicipi perangkat handal yang dirancang khusus untuk Pro Gamer. Dengan spesifikasi mumpuni serta layar 144Hz akan memberikan mereka pengalaman gaming yang sangat baik di pengaturan grafis high, bahkan hingga ke pengaturan ultra untuk gim-gim dengan tuntutan grafis yang tidak terlalu tinggi, seperti Fortnite.

Namun, untuk menebus laptop ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp28,7 juta di beberapa toko online. Tapi, harga ini sepadan bagi Anda yang ingin mulai serius untuk menjadi pro gamer.

 
ROG Strix Scar III
Bagus ...
  • Layar Sudah 144Hz
  • GPU Kencang
  • Sudah Pakai SSD M.2 NVMe
Kurang ...
  • Fitur Keystone Masih Terbatas
  • Harga Lumayan Mahal
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: