sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 26 Mar 2024 14:06 WIB

Review Bose Ultra Open Earbuds: menikmati suara berkualitas dengan kesadaran penuh

Sesuai namanya, Bose Ultra Open Earbuds memiliki desain open-ear sehingga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara di lingkungan sekitarnya sambil menikmati musik.

Review Bose Ultra Open Earbuds: menikmati suara berkualitas dengan kesadaran penuh

Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan semangat untuk berbagai aktivitas. Berbicara soal aktivitas, mendengarkan musik akan lebih seru saat berolahraga seperti jogging, nge-gym, traveling, dan sebagainya.

Agar mendengarkan musik sembari beraktivitas terasa lebih praktis dan leluasa, perangkat audio yang wajib digunakan adalah earphone nirkabel dengan form factor true wireless stereo (TWS). Bose adalah salah satu perusahaan audio ternama yang memiliki banyak pengalaman dalam menghadirkan suara berkualitas dan teknologi inovatif. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut baru saja meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds di Indonesia.

Desain & fitur

Sesuai namanya, Bose Ultra Open Earbuds memiliki desain open-ear sehingga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara di lingkungan sekitarnya sambil menikmati musik. TWS ini tidak dimasukkan ke dalam lubang telinga, melainkan ditempatkan di dekat telinga.

Bose sendiri merancang Ultra Open Earbuds dengan rancang bangun yang sangat ergonomis untuk kenyamanan dan stabilitas saat digunakan ketika berolahraga, gym, dan sebagainya. Perangkat ini juga menjadi solusi sempurna bagi kebutuhan perangkat audio sekaligus tren gaya hidup saat ini yang semakin padat.

Fitur teknologi Bose OpenAudio membuat kamu tidak perlu khawatir kehilangan “kesadaran” akan suara sekitar. Kamu tetap dapat mendengarkan suara lingkungan, atau berbicara dengan teman, tanpa mengurangi kepuasan saat mendengarkan musik favorit.

Desain masing-masing earbuds Bose Ultra dibuat sangat nyaman ketika digunakan di telinga. Saat dipasang, TWS ini menyerupai anting-anting di telinga yang membuat tampilan lebih bergaya terdapat bahan karet di jembatan antara earphone dan barrel belakang earphone yang memungkinkan fleksibilitas tinggi.

Meskipun karet tersebut memiliki sifat yang sangat elastis, tetapi memungkinkan Bose Ultra Open Earbuds terpasang di telinga secara mantap dan tidak mudah bergeser apalagi terlempar meski kamu bergerak saat berolahraga atau gym. Bahan karetnya yang mulus juga menawarkan kenyamanan ketika digunakan meski dalam durasi yang lama. Oleh karena itu, kamu akan bisa terus mendengarkan musik tanpa jeda.

Desain open earbuds yang tidak menutup lubang telinga sepenuhnya dengan berat hanya 6.35 gram per 1 earbud membuat Bose Ultra Open Earbuds tetap nyaman di telinga sepanjang hari. Begitu nyamannya, hingga kamu bahkan bisa lupa sedang menggunakan Bose Ultra Open Earbuds.

Di masing-masing barrel earbuds, terdapat tombol pengoperasian. Ini dapat digunakan untuk mengakses musik seperti next, previous, dan pause. Tombol ini juga dapat digunakan untuk mengontrol volume langsung dari earbuds, tanpa harus mengeluarkan ponsel dari tas atau saku.

Casing-nya pengisian baterainya memiliki penutup dengan mekanisme yang dibuat sedemikian rupa sehingga kamu dapat dengan mudah mengambil earbuds tanpa licin. Terdapat tombol di bagian belakang untuk keperluan pairing dengan perangkat baru. Setelah perangkat telah didaftarkan lewat proses pairing, maka Bose Ultra Open EarBuds dapat secara otomatis terhubung ke ponsel. Casing ini dapat diisi ulang lewat USB-C di bagian bawahnya.

Performa

Dalam hal baterai, ini termasuk salah satu TWS dengan daya tahan baterai yang lama. Bose Ultra Open Earbuds bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 7,5 jam atau 4,5 jam saat mengaktifkan Immersive Audio, dengan waktu siaga hingga 48 jam. Jika dipadukan dengan casing-nya, earbuds ini menawarkan daya tahan baterai hingga 19,5 jam, atau 12 jam dengan mode Immersive Audio.

Mode Immersive Audio sendiri adalah teknologi dari Bose yang dapat menghasilkan suara secara 3 dimensi. Ini memungkinkan seolah-olah kamu berada di tempat konser secara langsung. Kamu dapat mengaktifkan mode tersebut sesuai selera. Mode Immersive Audio terdiri dari opsi Still dan Motion.

Mode Still akan menciptakan efek suara yang menetap di satu titik. Ketika saya mengujinya dengan menonton video konser Taylor Swift “The Eras Tour” di aplikasi Disney+ Hotstar, mode ini menghasilkan efek sound stage yang sangat lebar dengan suara vokal yang memiliki ruang. Ketika saya menoleh ke kiri atau ke kanan, suara vokal dan penonton terdengar lebih hidup karena TWS ini dapat mendeteksi gerakan saya secara akurat, baik ketika saya menoleh secara lambat maupun cepat.

Di sisi lain, mode Immersive Audio dengan opsi Motion berguna ketika kamu mendengarkan musik atau konser secara mendalam ketika berjalan. Ini akan memberikan audio spasial yang lebar tanpa harus mendeteksi pergerakan kepala.

Bose Ultra Open Earbuds juga sangat mudah dioperasikan. Kamu dapat memilih mode Stereo selain immersive Audio dengan menekan tombol selama beberapa detik hingga terdengar informasi dari perangkat. Tidak ketinggalan pula fitur Auto Volume yang dapat menyesuaikan tingkat kekerasan suara secara dinamis berdasarkan kondisi kebisingan sekitar.

Tentu saja TWS dari Bose ini memiliki aplikasi pendamping untuk penggunaan yang lebih optimal bersama Bose Musik. Aplikasi ini membantu kamu melakukan personalisasi sejauh mungkin pada sisi equalizer menggunakan Adjustable EQ. Kamu dapat mengatur level bass, mid-range, dan treble. Sayangnya, aplikasi ini tidak memungkinkan menyimpan beberapa preferensi equalizer manual. Meski demikian, terdapat 4 preset equalizer Bass Boost, Bass Reducer, Treble Boost, dan Treble Reducer.

Bahkan kamu bisa mengatur mode Quick Switch juga, jadi ketika Bose Ultra Open Earbuds lagi terkoneksi ke beberapa perangkat, kamu bisa langsung ubah suara output-nya ke device mana saja hanya dengan 1x shortcut. Menariknya, Bose Ultra Open Earbuds bisa bisa terkoneksi ke 6 devices sekaligus.

Saat berolahraga, umumnya kita akan berkeringat. Untungnya, TWS terbaru dari Bose tersebut telah memiliki sertifikasi IPX4 dengan acoustic mesh. Ini memungkinkan perangkat tahan terhadap cipratan air maupun debu. Bahkan, ketika berolahraga di outdoor dan tiba-tiba hujan, Bose Ultra Open Earbuds masih aman digunakan.

Untuk kualitas suaranya sendiri, saya menjajalnya dengan memutar lagu di aplikasi Spotify dengan kualitas tertinggi atau “Very High” yang sebelumnya telah diunduh agar kualitasnya lebih stabil. Lagu pertama yang saya dengarkan berjudul “I’m Alive” yang dinyanyikan oleh Celine Dion. Ketika suara dari penyanyi asal Kanada tersebut mulai dilantunkan, Bose Ultra Open Earbuds menampilkan vokal yang alami. Backing vokalnya juga tidak kalah bagus yang tidak terdistorsi oleh suara frekuensi rendah atau tinggi.

Dari sisi kualitas separasi stereo, dari awal musik diputar TWS tersebut menampilkan soundstage yang lebar. Ini dibuktikan oleh backing vokal dan seluruh instrumen pada musik tersebut. Sepanjang lagu diputar, tidak ada frekuensi menengah atau rendah yang mendominasi suara treble.

Selanjutnya, menguji performa bass, saya memutar lagu “E.T” yang dinyanyikan oleh Katy Perry. Earbuds nirkabel tersebut mampu menangani frekuensi rendah dengan baik. Meski mampu melantunkan dentuman bass yang dalam, TWS ini tetap dapat menjaga frekuensi menengah dan tinggi.

Tidak hanya itu, saya juga menguji bass yang dipadukan dengan lebih banyak alat musik seperti lagu “Salute” dari Little Mix. Tidak jauh berbeda ketika memutar lagu ‘E.T’, saya mendengar bass dengan sangat baik. Di sisi lian, separasi stereo terpisahkan sangat baik dengan masing-masing instrumen terdengar jelas. Suara backing vocal juga terdengar tanpa terganggu oleh frekuensi rendah, menengah ataupun tinggi.

Lagu terakhir untuk menguji Bose Ultra Open Earbuds adalah berjudul “Beautiful In White” milik Shane Filan. Ini berperforma sangat baik dengan instrumen intro terdengar secara rapi ditambah dengan suara lonceng yang lembut bergantian di channel kiri dan kanan. Suara vokal terdengar alami ditambah alat musik gitar dan drum dengan separasi stereo andal. Di sini, seluruh alat musik terdengar dengan jelas tanpa mendominasi satu sama lain.

Kesimpulan

Bose Ultra Open Earbuds menawarkan pengalaman mendengarkan yang unik dengan desain open-ear yang inovatif. Keunggulan utama dari earbuds ini adalah kemampuannya untuk memungkinkan pengguna tetap menyadari lingkungan sekitar sambil menikmati musik favorit. Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi mereka yang aktif di luar ruangan atau yang perlu mendengarkan suara di sekitar mereka untuk alasan keselamatan. Selain itu, kenyamanan yang ditawarkan oleh bentuk earbuds ini memastikan bahwa pengguna dapat memakainya untuk jangka waktu yang lama tanpa merasa tidak nyaman atau sakit telinga.

Fitur Immersive Mode pada Bose Ultra Open Earbuds meningkatkan pengalaman mendengarkan dengan menciptakan sound stage yang luas, memberikan sensasi musik yang lebih mendalam dan melibatkan. Ini, dikombinasikan dengan efisiensi baterai yang tinggi, menjadikan earbuds ini pilihan yang sempurna bagi mereka yang mencari kualitas suara yang luar biasa tanpa perlu sering mengisi ulang.

Secara keseluruhan, Bose Ultra Open Earbuds adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang mencari earbuds yang nyaman, fungsional, dan dengan kualitas suara yang mengesankan. Meski tidak ada pilihan untuk menyimpan equalizer manual, tetapi ada sejumlah preset yang memungkinkan kualitas suara terdengar sangat bagus di berbagai frekuensi dan genre musik. Untuk harga, Bose Ultra Open Earbuds adalah Rp4.999.000.

90
Bose Ultra Open Earbuds
 
Keunggulan
  • Nyaman dipakai
  • Suara imersive
  • Baterai tahan lama
 
Kekurangan
  • Tidak bisa menyimpan equalizer manual lebih dari satu
Share
×
tekid
back to top