sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Kamis, 21 Mar 2024 11:12 WIB

Review vivo Y100 5G: desain elegan, kamera cemerlang

Tim Tek.id berkesempatan mengulas tuntas vivo Y100 5G. Ponsel ini memiliki performa kamera siang dan HDR bagus. Namun bagaimana kamera malam dan mode portrait? Atau bagaimana performa dan kecepatan isi ulangnya. Simak terus untuk mengetahui jawabannya ya Sahabat Tek!

Review vivo Y100 5G: desain elegan, kamera cemerlang

vivo Y100 5G muncul sebagai pesaing baru di segmen ponsel kelas menengah dengan kemampuan 5G yang menjanjikan. Dari segi performa, ponsel besutan vivo tersebut ditopang dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2, RAM 8 GB, dan storage hingga 256 GB. Desain ponsel ini dibuat agar menarik perhatian dengan warna Ungu Anggrek dan Hitam Onyx untuk masing-masing selera pengguna.

Di bagian belakangnya, kamu ada melihat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera ultra lebar 8 MP. Kamera-kamera ini dapat digunakan untuk menunjang kreativitas kamu di setiap kemungkinan. Berikut pengalaman saya ketika mengulas vivo Y100 5G.

Desain oke

Ponsel ini menawarkan desain yang menonjolkan keanggunan dan kecanggihan, dengan pilihan warna Ungu Anggrek dan Hitam Onyx. Desain Crystalline Matte pada varian Hitam Onyx menciptakan efek tekstur prisma yang memikat ketika terkena pantulan cahaya, memberikan kesan mewah dan elegan. Permukaan yang halus dan anti-stain coating menambah nilai estetika, serta menjaga ponsel tetap bersih dari noda dan debu. Sertifikasi IP54 memungkinkan vivo Y100 5G tahan terhadap debu dan cipratan air.

Dari sisi ergonomis, vivo Y100 5G dirancang dengan bentuk yang flat di semua sisi dan sudut yang melengkung, memberikan kenyamanan saat digenggam. Bobot yang ideal dan dimensi yang pas di tangan membuat penggunaan jangka panjang tidak terasa melelahkan. Jika kamu mau tambahkan casing (tersedia dalam kotak), maka ponsel akan lebih pas di tangan. Tidak ketinggalan fitur NFC di area belakang untuk memudahkan pembayaran, pairing, isi ulang uang elektronik, dan sebagainya.

vivo Y100 5G menghadirkan layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz, memberikan pengalaman visual yang mulus dan responsif. Dengan ukuran layar yang luas, 6,67 inci, ponsel ini menawarkan ruang tampilan yang lebih dari cukup untuk menikmati konten multimedia, bermain game, atau sekadar menjelajahi web.

Resolusi layar yang cukup tinggi, 1.080 x 2.400 piksel, menjamin ketajaman dan kejernihan gambar, sementara kecerahan maksimum hingga 1.200 nit memastikan bahwa layar tetap terbaca dengan jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Fitur sidik jari di layar vivo Y100 5G tidak hanya meningkatkan aspek keamanan tetapi juga menambah kesan futuristik dan kemudahan akses. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk membuka kunci perangkat dengan cepat dan aman, hanya dengan satu sentuhan. Integrasi sensor sidik jari yang mulus dengan layar AMOLED menciptakan pengalaman yang intuitif dan efisien, menjadikan Vivo Y100 5G pilihan yang cerdas bagi mereka yang mencari kombinasi antara keamanan dan teknologi layar terkini.

vivo Y100 5G menghadirkan Dual Stereo Speaker pertama di vivo dengan fitur Audio Booster untuk meningkatkan volume maksimum hingga 300%, menjadikan pengalaman menikmati konten di media sosial atau menonton serial drama favorit lebih baik ketimbang hanya menggunakan satu speaker.

Kamera

Kamera belakang vivo Y100 5G memiliki konfigurasi dua unit. Pertama adalah kamera utama dengan lensa lebar beresolusi 50 MP (f/1.8), kamera ini juga memiliki sistem fokus otomatis PDAF. Kamera kedua menampilkan lensa ultra lebar beresolusi 8 MP untuk memotret pemandangan lebih luas. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8 MP yang terletak di punch-hole layar tengah atas. Untuk mengujinya, saya memotret beberapa skenario untuk mengetahui hasilnya masing-masing.

Pengujian berangkat dari kamera utama belakang. Dalam keadaan cerah di pagi hari, warna kamera Y100 5G terlihat bagus dengan masing-masing pohon memiliki detail yang cukup baik. Porsi exposure terlihat pas meskipun di bukit sebelah kiri terdapat gangguan over-exposure. Secara keseluruhan, hasilnya memuaskan untuk ponsel kelas menengah.

Kamera Utama

 

Setelah kamera utama, saya mencoba kamera ultra lebar. Warna dan exposure kamera ultra lebar hampir mirip seperti kamera utama. Namun jika ditelaah lebih teliti lagi, detail yang diberikannya tidak setajam kamera utama, terutama pada daun pohon cemara. Meski demikian, masih sangat disarankan bagi kamu untuk mengambil pemandangan luas menggunakan lensa ultra lebar vivo Y100 5G.

Ultra lebar

 

Tidak ada kamera telefoto di ponsel ini. Namun tidak ada salahnya saya memotret menggunakan zoom. Pada pembesaran sebanyak 2x, warna dan exposure masih terlihat stabil. Hanya saya detail agak sedikit menurun serta kontras yang sedikit tinggi.

Zoom 2x

 

Ketika memotret dengan cahaya yang kuat di belakang pemandangan pohon-pohon serta sungai di bawahnya, kamera vivo masih dapat mengatur exposure dengan sangat baik. Meski ada sedikit shutter lag, mode HDR menampilkan langit yang jelas beserta gurat-gurat awannya. Air terjun beserta sungainya pun terlihat jelas meski jaraknya jauh, tidak terdampak under-exposure.

HDR

 

Seperti kebanyakan ponsel modern saat ini, vivo Y100 5G memiliki mode Portrait untuk menampilkan foto dengan efek bokeh di latar belakang subjek. Meski wajah subjek sedang menghadap ke samping, vivo Y100 5G masih dapat mendeteksinya dengan akurat. Namun sayangnya separasi antara subjek dan latar belakang tidak sempurna, terutama pada area rambut.

Mode Portrait

 

Sekarang beralih ke pengambilan foto di malam hari. Hasil kamera ponsel tersebut terlihat terang meski penerangan lampu hanya di bagian bawah dan beberapa di bagian atas. Gangguan noise yang ditampilkannya dapat cukup diredam, tetapi noise reduction kamera ini agak terlalu agresif sehingga mengurangi beberapa ketajaman detail.

Kamera Utama Malam

 

Meskipun tidak seterang kamera utama, kamera ultra lebar ketika saya memotret malam hari masih menampilkan hasil yang layak dan masih disarankan ketika ada penerangan lampu jalan dan sebagainya. Meskipun ada beberapa gangguan noise, hasil foto kamera ini tidak menampilkan gangguan blooming meski di gedung yang berjarak jauh.

Ultra lebar malam

 

Ketika saya memotret malam dengan zoom 2x, hasilnya memang terang, tetapi hasilnya tidak terlalu tajam dan terdapat noise yang mengganggu. Jadi, jika tidak terlalu penting, tidak disarankan untuk memotret zoom 2x (atau lebih) pada malam hari jika kamu menginginkan hasil yang optimal.

Zoom 2x

    Share
    ×
    tekid
    back to top