Mengukur kesetiaan pengguna smartphone Android

Sebuah situs tukar tambah, menunjukkan data perilaku kesetiaan pengguna brand ponsel pintar Android dan iOS di Amerika.

BankMyCell, situs yang fokus pada trade-in (tukar tambah) ponsel pintar, berhasil mengumpulkan 64.237 data pengguna, yang tertarik menjual 323 perangkat Android dan iOS mereka. Data ini menunjukkan bagaimana kesetiaan pengguna terhadap sebuah brand smartphone. Data menarik ini menjadi penting, karena menguak retensi pelanggan pada brand di pasar online.

Pada data tersebut, terlihat bahwa pengguna ponsel pintar HTC banyak yang beralih ke Samsung. 32,1% pengguna HTC beralih ke Samsung dan 17,1% yang pindah ke Apple (iPhone).


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kulit buatan ini bisa tampilkan ekspresi pengguna ke ponsel

iPhone bekas tetap lebih mahal daripada Pixel bekas

Aturan pemblokiran ponsel BM via IMEI diteken pemerintah


Sementara itu, pengguna iPhone cukup loyal, mengingat 74,6% pelanggan mereka masih setia. 12,8% saja yang beralih ke Samsung dan 5,3% ke LG.

Sebaliknya, 63,9% pengguna Samsung masih loyal dengan brand tersebut. 17% pengguna Samsung beralih ke iPhone.

 

Sementara itu, pengguna smartphone besutan Google yang paling sedikit beralih ke iPhone (10,1%). Rata-rata, merek smartphone selain iPhone, memiliki kecenderungan untuk beralih ke iPhone sebesar 17%-17,5%. Cuma persentasi loyalitas pengguna smartphone Google masih di angka 51%. Masih kalah dengan Apple dan Samsung.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: