sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 17 Apr 2024 10:09 WIB

Libas Apple, Samsung jadi pemimpin ponsel global lagi

Setelah sempat disusul oleh Apple pada tahun 2023, Samsung kembali menyandang predikat pengiriman ponsel global terbanyak.

Libas Apple, Samsung jadi pemimpin ponsel global lagi

Setelah sempat disusul oleh Apple pada tahun 2023, Samsung kembali menyandang predikat pengiriman ponsel global terbanyak. Data awal Mobile Phone Tracker dari International Data Corporation (IDC) untuk kuartal pertama tahun 2024 menunjukkan Samsung mendapatkan kembali keunggulan yang telah mereka pegang sejak tahun 2010.

Dilansir dari Engadget (17/4), Samsung telah mengirimkan 60,1 juta unit ke seluruh dunia pada kuartal pertama, mewakili 20,8% pangsa pasar. Apple mengirimkan 50,1 juta unit untuk 17,3% pangsa pasar.

Kedua perusahaan tersebut mengalami penurunan dibandingkan kuartal pertama tahun 2023, meskipun penurunan Apple jauh lebih signifikan (-9,6%) dibandingkan Samsung (-0,7%). Lima merek teratas tetap sama pada kuartal pertama sepanjang tahun 2023, diikuti oleh Xiaomi dengan 40,8 juta unit, Transsion dengan 28,5 juta unit, dan OPPO dengan pengiriman 25,2 juta unit. Transsion menyalip OPPO untuk masuk ke posisi keempat.

IDC menyebut angka-angka tersebut sebagai indikasi bahwa pasar ponsel pintar sedang menguat. “Pertama, kami terus melihat pertumbuhan dalam nilai dan harga jual rata-rata (ASP) karena konsumen memilih perangkat yang lebih mahal karena mengetahui bahwa mereka akan memegang perangkat mereka lebih lama. Kedua, ada pergeseran kekuatan di antara 5 perusahaan teratas, yang kemungkinan besar akan terjadi. berlanjut ketika para pelaku pasar menyesuaikan strategi mereka di dunia pasca-pemulihan,” kata Nabila Popal, direktur riset tim Worldwide Tracker IDC.

“Xiaomi bangkit kembali dengan kuat dari penurunan besar yang dialami selama dua tahun terakhir dan Transsion kini hadir dengan stabil di 5 besar dengan pertumbuhan agresif di pasar internasional. Sebaliknya, meskipun 2 pemain teratas sama-sama mengalami pertumbuhan negatif di kuartal pertama , tampaknya Samsung berada dalam posisi yang lebih kuat secara keseluruhan dibandingkan beberapa kuartal terakhir”, kata Nabila.

Share
×
tekid
back to top